Photoshop / Efek lapisan dan gaya

entang efek lapisan dan gaya

Photoshop menyediakan berbagai efek-seperti bayangan, bersinar, dan bevels-yang mengubah tampilan isi lapisan itu. Efek lapisan terkait dengan isi lapisan. Bila Anda memindahkan atau mengedit isi layer, efek yang sama diterapkan pada isi dimodifikasi. Misalnya, jika Anda menerapkan drop shadow untuk layer teks dan kemudian menambahkan teks baru, bayangan ditambahkan secara otomatis ke teks baru.
Sebuah layer style adalah satu atau lebih efek diterapkan pada layer atau lapisan kelompok. Anda dapat menerapkan salah satu gaya preset dilengkapi dengan Photoshop atau menciptakan gaya kustom menggunakan kotak dialog Layer Style. Efek Lapisan Ikon  muncul di sebelah kanan dari nama layer pada panel Layers. Anda dapat memperluas gaya dalam panel Layers untuk melihat atau mengedit efek yang membentuk gaya.
Lapisan panel menunjukkan lapisan dengan beberapa efek yang diterapkan
A. 
Efek lapisan ikon 
B. 
Klik untuk memperluas dan menunjukkan efek lapisan 
C. 
Efek lapisan
Bila Anda menyimpan gaya kustom, menjadi gaya preset. Gaya Preset muncul pada panel Styles dan dapat diterapkan pada lapisan atau kelompok dengan satu klik.

Terapkan gaya preset

Anda dapat menerapkan gaya preset dari panel Styles. Gaya lapisan yang datang dengan Photoshop dikelompokkan ke dalam perpustakaan berdasarkan fungsi. Misalnya, satu perpustakaan berisi gaya untuk membuat tombol web, perpustakaan lain berisi gaya menambahkan efek ke teks. Untuk mengakses gaya ini, Anda perlu memuat perpustakaan yang sesuai. Untuk informasi tentang gaya bongkar tabungan, lihat Membuat dan mengelola gaya preset .
Catatan: Anda tidak dapat menerapkan gaya layer untuk latar belakang, lapisan terkunci, atau kelompok.

Tampilan panel Styles

 Pilih Window> Styles.

Terapkan gaya preset untuk lapisan

Biasanya, menerapkan gaya preset menggantikan layer style saat ini. Namun, Anda dapat menambahkan atribut gaya kedua mereka dari gaya saat ini.
 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Klik gaya dalam panel Styles untuk menerapkannya ke lapisan yang sedang dipilih.
  • Tarik gaya dari panel Styles ke lapisan dalam panel Layers.
  • Tarik gaya dari panel Styles ke jendela dokumen, dan lepaskan tombol mouse ketika kursor berada di atas isi lapisan yang Anda ingin menerapkan gaya.
    Catatan: Tahan Shift saat Anda mengklik atau drag untuk menambah (bukan menggantikan) gaya untuk efek yang ada pada lapisan tujuan.
  • Pilih Layer> Layer Style> Blending Options, dan klik Styles kata dalam kotak dialog Layer Style (item teratas dalam daftar di sisi kiri kotak dialog). Klik gaya yang Anda ingin menerapkan, dan klik OK.
  • Bila menggunakan alat Shape atau Pen tool dalam modus lapisan bentuk, pilih gaya dari panel pop-up di options bar sebelum menggambar bentuk.

Menerapkan gaya dari lapisan lain

  • Pada panel Layers, Alt-tarik (Windows) atau Option-tarik (Mac OS) gaya dari daftar efek lapisan untuk menyalinnya ke lapisan lain.
  • Pada panel Layers, klik-tarik gaya dari daftar efek lapisan untuk memindahkannya ke lapisan lain.

Mengubah cara gaya preset ditampilkan

  1. Klik segitiga di Styles panel, kotak dialog Layer Style, atau Layer Style pop-up panel di options bar.
  2. Pilih pilihan tampilan dari menu panel:
    • Teks Hanya untuk melihat gaya lapisan sebagai daftar.
    • Thumbnail Kecil atau Besar Thumbnail untuk melihat gaya lapisan sebagai thumbnail.
    • Daftar kecil atau Daftar besar untuk melihat gaya lapisan sebagai daftar, dengan thumbnail dari layer style yang dipilih ditampilkan.

Layer Style dialog box gambaran

Anda dapat mengedit gaya diterapkan pada layer atau membuat gaya baru dengan menggunakan kotak dialog Layer Style.
Layer Style dialog box. Klik kotak centang untuk menerapkan pengaturan saat ini tanpa menampilkan pilihan efek itu. Klik nama efek untuk menampilkan pilihan.
Anda dapat menciptakan gaya kustom menggunakan satu atau lebih dari efek berikut:
Jatuhkan Bayangan 
Menambahkan bayangan yang jatuh di belakang isi pada layer.
Inner Shadow 
Menambahkan bayangan yang jatuh persis di tepi konten layer, memberikan lapisan penampilan tersembunyi.
Outer Glow dan Inner Glow 
Tambahkan bersinar yang berasal dari luar atau di dalam tepi konten layer.
Bevel dan Emboss 
Tambahkan berbagai kombinasi highlight dan bayangan untuk lapisan.
Satin 
Berlaku shading interior yang menciptakan finish satin.
Warna, Gradient, dan Pola Overlay 
Mengisi konten layer dengan warna, gradien, atau pola.
Tak 
Garis objek pada lapisan saat ini menggunakan warna, gradien, atau pola. Hal ini sangat berguna pada bentuk keras bermata seperti jenis.

Menerapkan atau mengedit gaya lapisan kustom

Catatan: Anda tidak dapat menerapkan gaya lapisan ke lapisan latar belakang, lapisan terkunci, atau kelompok. Untuk menerapkan gaya lapisan ke lapisan latar belakang, pertama mengubahnya menjadi lapisan biasa.
  1. Pilih satu lapisan dari panel Layers.
  2. Lakukan salah satu dari yang berikut:
    • Klik dua kali layer, di luar nama layer atau thumbnail.
    • Klik Tambah ikon Layer Style  di bagian bawah panel Layers dan pilih efek dari daftar.
    • Pilih efek dari Layer> Layer Style submenu.
    • Untuk mengedit gaya yang sudah ada, klik dua kali efek yang ditampilkan di bawah nama layer pada panel Layers. (Klik segitiga di samping Tambah ikon Layer Style  untuk menampilkan efek yang terkandung dalam gaya.)
  3. Mengatur pilihan efek di kotak dialog Layer Style. Lihat pilihan gaya layer .
  4. Menambahkan efek lain untuk gaya, jika diinginkan. Pada kotak dialog Layer Style, klik kotak centang di sebelah kiri nama efek untuk menambahkan efek tanpa memilihnya.
     Anda dapat mengedit beberapa efek tanpa menutup kotak dialog Layer Style. Klik nama efek di sisi kiri kotak dialog untuk menampilkan pilihan.

Ubah default gaya dengan nilai-nilai adat

  1. Pada kotak dialog Layer Style, menyesuaikan pengaturan seperti yang diinginkan.
  2. Klik Jadikan Default.
    Ketika Anda selanjutnya membuka kotak dialog, default kustom Anda diterapkan secara otomatis. Jika Anda menyesuaikan pengaturan dan ingin kembali ke default kustom Anda, klik Reset Untuk Default.
     Untuk kembali ke default asli Photoshop, lihat Kembalikan semua preferensi ke pengaturan default .

Pilihan gaya lapisan

Ketinggian 
Untuk Bevel dan Emboss efek, menetapkan ketinggian sumber cahaya. Pengaturan 0 setara dengan permukaan tanah, 90 adalah langsung di atas lapisan.
Sudut 
Menentukan sudut pencahayaan di mana efeknya diterapkan ke lapisan. Anda dapat menarik pada jendela dokumen untuk menyesuaikan sudut Drop Shadow, Inner Shadow, atau efek Satin.
Anti-alias 
Memadukan piksel tepi kontur atau kontur gloss. Pilihan ini paling berguna pada bayangan kecil dengan kontur yang rumit.
Blend Mode 
Menentukan bagaimana gaya lapisan menyatu dengan lapisan yang mendasari, yang mungkin atau mungkin tidak termasuk lapisan aktif. Sebagai contoh, sebuah bayangan batin menyatu dengan lapisan aktif karena efek digambar di atas lapisan itu, tapi drop shadow menyatu hanya dengan lapisan di bawah lapisan aktif. Dalam kebanyakan kasus, modus default untuk setiap efek menghasilkan hasil yang terbaik. Lihat Blending mode .
Tersedak 
Menyusut batas-batas matte dari Shadow batin atau Inner Glow sebelum kabur.
Warna 
Menentukan warna bayangan, cahaya, atau sorot. Anda dapat mengklik kotak warna dan memilih warna.
Kontur 
Dengan bersinar solid-warna, Contour memungkinkan Anda untuk membuat cincin transparansi. Dengan bersinar gradien penuh, Contour memungkinkan Anda untuk membuat variasi dalam pengulangan warna gradien dan opacity. Dalam beveling dan embossing, Contour memungkinkan Anda untuk memahat pegunungan, lembah, dan benjolan yang diarsir dalam proses embossing. Dengan bayangan, Contour memungkinkan Anda untuk menentukan memudar. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Memodifikasi efek layer dengan kontur .
Jarak 
Menentukan jarak offset untuk bayangan atau efek satin. Anda dapat menarik pada jendela dokumen untuk mengatur jarak offset.
Kedalaman 
Menentukan kedalaman bevel. Hal ini juga menentukan kedalaman pola.
Gunakan global Cahaya 
Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menetapkan satu "master" sudut pencahayaan yang kemudian tersedia di semua efek lapisan yang menggunakan shading: Drop Shadow, Inner Shadow, dan Bevel dan Emboss. Dalam salah satu efek ini, jika Gunakan global Cahaya dipilih dan Anda mengatur sudut pencahayaan, sudut yang menjadi sudut pencahayaan global. Efek lain yang telah Gunakan global Cahaya dipilih secara otomatis mewarisi pengaturan sudut yang sama. Jika Gunakan global Cahaya terpilih, sudut pencahayaan yang Anda tetapkan adalah "lokal" dan hanya berlaku untuk efek tersebut. Anda juga dapat mengatur sudut pencahayaan global dengan memilih Layer Style> global Cahaya.
Gloss Contour 
Menciptakan glossy, penampilan metalik. Gloss Contour diterapkan setelah shading bevel atau emboss.
Lereng 
Menentukan gradien efek lapisan. Klik gradien untuk menampilkan Gradient Editor, atau klik tanda panah terbalik dan memilih gradien dari panel pop-up. Anda dapat mengedit gradien atau membuat gradien baru menggunakan Gradient Editor. Anda dapat mengedit warna atau opacity pada panel Gradient Overlay dengan cara yang sama Anda mengeditnya di Gradient Editor. Untuk beberapa efek, Anda dapat menentukan opsi tambahan gradien. Sebaliknya membalik orientasi gradien, Sejajarkan Dengan Lapisan menggunakan kotak berlari lapisan untuk menghitung gradien mengisi, dan Skala skala penerapan gradien. Anda juga dapat memindahkan pusat gradien dengan mengklik dan menyeret di jendela gambar. Gaya menentukan bentuk gradien.
Sorot atau Shadow Mode 
Menentukan blending mode dari bevel atau sorot emboss atau bayangan.
Naik opelet 
Bervariasi penerapan warna gradien dan opacity.
Lapisan mengetuk Out Drop Shadow 
Kontrol visibilitas drop shadow dalam lapisan semitransparan.
Kebisingan 
Menentukan jumlah elemen acak dalam opacity dari cahaya atau bayangan.Masukkan nilai atau tarik slider.
Kegelapan 
Mengatur opacity dari efek lapisan. Masukkan nilai atau tarik slider.
Pola 
Menentukan pola efek lapisan. Klik panel pop-up dan memilih pola. Klik tombol New Preset untuk menciptakan pola preset baru berdasarkan pengaturan saat ini. Klik Snap Untuk Asal untuk membuat asal dari pola yang sama sebagai asal dari dokumen (bila Tautan Dengan Layer yang dipilih), atau untuk menempatkan asal di sudut kiri atas layer (jika link Dengan Layer terpilih) . Pilih Tautan Dengan layer jika Anda ingin pola untuk bergerak bersama dengan lapisan sebagai lapisan bergerak. Tarik slider Skala atau masukkan nilai untuk menentukan ukuran dari pola. Tarik pola untuk posisi itu di lapisan; ulang posisi dengan menggunakan Snap Untuk tombol Asal. Pilihan Pola ini tidak tersedia jika tidak ada pola yang dimuat.
Posisi 
Menentukan posisi efek stroke luar, dalam, atau Pusat.
Jarak 
Kontrol yang sebagian atau jangkauan cahaya yang ditargetkan untuk kontur.
Ukuran 
Menentukan radius dan ukuran blur atau ukuran bayangan.
Melunakkan 
Mengaburkan hasil shading untuk mengurangi artefak yang tidak diinginkan.
Sumber 
Menentukan sumber untuk cahaya batin. Pilih Center untuk menerapkan cahaya yang memancar dari pusat isi layer, atau Tepi menerapkan cahaya yang memancar dari dalam tepi konten layer.
Penyebaran 
Memperluas batas-batas matte sebelum kabur.
Gaya 
Menentukan gaya bevel: Inner Bevel menciptakan bevel pada tepi bagian dalam dari isi lapisan; Outer Bevel menciptakan bevel di tepi luar dari isi lapisan; Emboss mensimulasikan efek embossing isi lapisan terhadap lapisan yang mendasari; Bantal Emboss mensimulasikan efek stamping tepi isi lapisan ke lapisan yang mendasari, dan Stroke batas Emboss embossing dengan batas-batas suatu efek stroke diterapkan pada layer. (The Stroke Efek Emboss tidak terlihat jika tidak ada stroke diterapkan pada layer.)
Teknik 
Halus, pahat Keras, dan pahat ringan tersedia untuk bevel dan emboss efek, lembut dan Precise berlaku untuk Inner Glow dan Outer Glow efek.
Halus 
Mengaburkan tepi matte sedikit dan berguna untuk semua jenis Mate, apakah ujung-ujungnya mereka lembut atau keras. Ini tidak melindungi fitur rinci pada ukuran lebih besar.
Chisel Keras 
Menggunakan teknik pengukuran jarak dan terutama berguna pada hard bermata Mate dari bentuk anti-alias seperti jenis. Ini mempertahankan fitur rinci yang lebih baik daripada teknik halus.
Chisel Lembut 
Menggunakan teknik pengukuran jarak dan dimodifikasi, meskipun tidak seakurat pahat keras, lebih berguna pada kisaran yang lebih besar Mate. Ini mempertahankan fitur yang lebih baik daripada teknik halus.
Lembut 
Berlaku kabur dan berguna pada semua jenis Mate, apakah ujung-ujungnya mereka lembut atau keras. Pada ukuran yang lebih besar, lembut tidak melindungi fitur rinci.
Tepat 
Menggunakan teknik pengukuran jarak untuk menciptakan cahaya dan terutama berguna pada hard bermata Mate dari bentuk anti-alias seperti jenis. Ini mempertahankan fitur yang lebih baik daripada teknik lembut.
Tekstur 
Berlaku tekstur. Gunakan Skala untuk skala ukuran tekstur. Pilih Tautan Dengan layer jika Anda ingin tekstur untuk bergerak bersama dengan lapisan sebagai lapisan bergerak. Balikkan membalikkan tekstur. Kedalaman bervariasi derajat dan arah (atas / bawah) yang texturing diterapkan. Snap Untuk membuat Asal asal dari pola yang sama sebagai asal dari dokumen (jika link Dengan Layer terpilih) atau tempat asal di sudut kiri atas layer (jika link Dengan Layer yang dipilih). Tarik tekstur untuk posisi itu dalam lapisan.

Memodifikasi efek layer dengan kontur

Bila Anda membuat lapisan gaya kustom, Anda dapat menggunakan kontur untuk mengontrol bentuk Drop Shadow, Inner Shadow, Inner Glow, Outer Glow, Bevel dan Emboss, dan efek Satin atas kisaran tertentu. Misalnya, kontur Linear pada Drop Shadow menyebabkan opacity untuk drop off dalam transisi linier. Gunakan kontur Kustom untuk membuat transisi bayangan yang unik.
Anda dapat memilih, reset, menghapus, atau mengubah preview kontur dalam Contour pop-up panel dan Preset Manager.
Rincian Layer Style dialog box untuk efek Drop Shadow
A. 
Klik untuk menampilkan kotak dialog Contour Editor. 
B. 
Klik untuk menampilkan panel pop-up.

Buat kontur kustom

  1. Pilih Drop Shadow, Inner Shadow, Inner Glow, Outer Glow, Bevel dan Emboss, Contour, atau efek Satin di kotak dialog Layer Style.
  2. Klik thumbnail kontur dalam kotak dialog Layer Style.
  3. Klik kontur untuk menambah poin, dan tarik untuk menyesuaikan kontur. Atau masukkan nilai-nilai untuk Input dan Output.
  4. Untuk membuat sudut tajam bukan kurva mulus, pilih titik dan klik Pojok.
  5. Untuk menyimpan kontur ke file, klik Simpan dan nama kontur.
  6. Untuk menyimpan kontur sebagai preset, pilih New.
  7. Klik OK. Kontur baru ditambahkan di bagian bawah panel pop-up.

Muat kontur

 Klik kontur dalam kotak dialog Layer Style, dan di kotak dialog Contour Editor, dan kemudian pilih Load. Pergi ke folder yang berisi perpustakaan kontur Anda ingin memuat dan klik Open.

Hapus kontur

 Klik terbalik panah di samping kontur yang sedang dipilih untuk melihat panel pop-up. Tekan Alt (Windows) atau Option (Mac OS), dan klik kontur yang ingin Anda hapus.

Mengatur sudut pencahayaan global untuk semua lapisan

Menggunakan cahaya global yang memberikan penampilan sumber cahaya yang umum bersinar pada gambar.
 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Pilih Layer> Layer Style> global Cahaya. Pada kotak dialog global Light, masukkan nilai atau tarik radius sudut untuk mengatur sudut dan ketinggian, dan klik OK.
  • Pada kotak dialog Layer Style untuk Drop Shadow, Inner Shadow, atau Bevel, pilih Gunakan global Cahaya. Untuk Angle, masukkan nilai atau tarik jari-jari, dan klik OK.
Pencahayaan global yang berlaku untuk setiap efek lapisan yang menggunakan sudut pencahayaan global.

Menampilkan atau menyembunyikan lapisan gaya

Ketika lapisan memiliki gaya, sebuah "fx" ikon  muncul di sebelah kanan dari nama layer pada panel Layers.

Menyembunyikan atau menampilkan semua gaya lapisan dalam gambar

 Pilih Layer> Layer Style> Sembunyikan Semua Effects atau Tampilkan Semua Effects.

Memperluas atau runtuh gaya lapisan dalam panel Layers

 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Klik segitiga  di samping ikon Add Layer Style  untuk memperluas daftar efek lapisan diterapkan pada lapisan itu.
  • Klik segitiga runtuh efek lapisan.
  • Untuk membuka atau menutup semua gaya lapisan diterapkan dalam suatu kelompok, tahan Alt (Windows) atau Option (Mac OS), dan klik segitiga atau segitiga terbalik untuk grup. Gaya lapisan diterapkan untuk semua lapisan dalam kelompok memperluas atau runtuh Sejalan.

Gaya lapisan Copy

Menyalin dan gaya paste adalah cara mudah untuk menerapkan efek yang sama ke beberapa lapisan.

Gaya lapisan Copy antara lapisan

  1. Dari panel Layers, pilih layer yang berisi gaya yang ingin Anda salin.
  2. Pilih Layer> Layer Style> Copy Layer Style.
  3. Pilih layer tujuan dari panel, dan pilih Layer> Layer Style> Paste Layer Style.
    Layer style yang disisipkan menggantikan layer style yang ada pada lapisan tujuan atau lapisan.

Gaya lapisan Copy antara lapisan dengan menyeret

 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Pada panel Layers, Alt-tarik (Windows) atau Option-tarik (Mac OS) efek lapisan tunggal dari satu lapisan yang lain untuk menduplikasi efek lapisan, atau tarik Efek bar dari satu lapisan yang lain untuk menduplikasi layer style.
  • Tarik satu atau lebih efek lapisan dari panel Layers pada gambar untuk menerapkan gaya lapisan yang dihasilkan ke lapisan tertinggi di panel Layers yang berisi piksel pada titik drop.

Skala efek lapisan

Sebuah layer style mungkin telah fine-tuned untuk resolusi target dan fitur dari ukuran tertentu.Menggunakan Skala Effects memungkinkan Anda untuk skala efek dalam gaya lapisan tanpa skala objek yang gaya lapisan diterapkan.
  1. Pilih lapisan dalam panel Layers.
  2. Pilih Layer> Effects Layer Style> Skala.
  3. Masukkan persentase atau seret slider.
  4. Pilih Preview untuk melihat perubahan pada gambar.
  5. Klik OK.

Hapus efek lapisan

Anda dapat menghapus efek individu dari gaya diterapkan pada lapisan, atau menghapus seluruh style dari lapisan.

Hapus efek dari gaya

  1. Pada panel Layers, memperluas gaya lapisan untuk melihat dampaknya.
  2. Tarik efek ke ikon Delete  .

Hapus style dari lapisan

  1. Pada panel Layers, pilih layer yang berisi gaya yang ingin Anda hapus.
  2. Lakukan salah satu dari yang berikut:
    • Pada panel Layers, tarik Efek bar untuk ikon Hapus  .
    • Pilih Layer> Layer Style> Clear Layer Style.
    • Pilih layer, kemudian klik tombol Clear Style  di bagian bawah panel Styles.

Mengkonversi gaya layer untuk lapisan gambar

Untuk menyesuaikan atau menyempurnakan penampilan gaya lapisan, Anda dapat mengubah gaya layer untuk layer gambar biasa. Setelah Anda mengubah gaya layer untuk lapisan gambar, Anda dapat meningkatkan hasilnya dengan lukisan atau menerapkan perintah dan filter. Namun, Anda tidak lagi dapat mengedit layer style pada layer asli, dan layer style tidak lagi update saat Anda mengubah lapisan gambar asli.
Catatan: Lapisan yang dihasilkan oleh proses ini tidak menghasilkan karya seni yang sama persis dengan versi menggunakan lapisan gaya. Anda mungkin melihat peringatan ketika Anda membuat lapisan baru.
  1. Pada panel Layers, pilih layer yang mengandung layer style yang akan dikonversi.
  2. Pilih Layer> Layer Style> Buat Layers.
    Sekarang Anda dapat memodifikasi dan restack lapisan baru dengan cara yang sama sebagai lapisan biasa. Beberapa efek-misalnya, Inner Glow-mengkonversi ke lapisan dalam clipping mask.

Membuat dan mengelola gaya preset

Anda dapat menciptakan gaya kustom dan menyimpannya sebagai preset, yang kemudian tersedia dari panel Styles. Anda dapat menyimpan gaya preset di perpustakaan dan beban atau menghapusnya dari panel Styles saat Anda membutuhkannya.

Menciptakan gaya preset baru

  1. Dari panel Layers, pilih layer yang berisi gaya yang ingin Anda simpan sebagai preset.
  2. Lakukan salah satu dari yang berikut:
    • Klik area kosong panel Styles.
    • Klik Create New Style tombol di bagian bawah panel Styles.
    • Pilih New Style dari menu panel Styles.
    • Pilih Layer> Layer Style> Blending Options, dan klik New Style di kotak dialog Layer Style.
  3. Masukkan nama untuk gaya preset, mengatur pilihan gaya, dan klik OK.

Ubah nama gaya preset

 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Klik dua kali gaya dalam panel Styles. Jika panel Styles diatur untuk menampilkan gaya sebagai thumbnail, masukkan nama baru di kotak dialog dan klik OK. Jika tidak, ketik nama baru langsung di panel Styles dan tekan Enter (Windows) atau Return (Mac OS).
  • Pilih gaya di Styles area kotak dialog Layer Style. Kemudian pilih Rename Style dari menu pop-up, masukkan nama baru, lalu klik OK.
  • Bila menggunakan bentuk atau alat Pen, pilih style dari Style pop-up panel di options bar.Kemudian pilih Rename Style dari menu panel pop-up.

Menghapus gaya preset

 Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Tarik gaya ke ikon Delete  di bagian bawah panel Styles.
  • Tekan Alt (Windows) atau Option (Mac OS), dan klik layer style pada panel Styles.
  • Pilih gaya di Styles area kotak dialog Layer Style. (Lihat Terapkan gaya preset .) Kemudian pilih Hapus Style dari menu pop-up.
  • Bila menggunakan bentuk atau alat Pen, pilih style dari Layer Style panel pop-up di options bar. Kemudian pilih Hapus Style dari menu panel pop-up.

Simpan satu set gaya preset sebagai perpustakaan

  1. Lakukan salah satu dari yang berikut:
    • Pilih Simpan Styles dari menu panel Styles.
    • Pilih Styles di sisi kiri dari kotak dialog Layer Style. Kemudian pilih Save Styles dari menu pop-up.
    • Bila menggunakan bentuk atau alat Pen, klik thumbnail layer style di options bar.Kemudian pilih Save Styles dari menu panel pop-up.
  2. Pilih lokasi untuk perpustakaan gaya, masukkan nama file, dan klik Save.
    Anda dapat menyimpan perpustakaan di mana saja. Namun, jika Anda menempatkan file library dalam Presets / Styles folder dalam preset lokasi default, nama perpustakaan akan muncul di bagian bawah menu panel Styles ketika Anda me-restart aplikasi.
    Catatan: Anda juga dapat menggunakan Preset Manager untuk mengubah nama, menghapus, dan menyimpan perpustakaan gaya preset.

Memuat perpustakaan gaya preset

  1. Klik segitiga di Styles panel, kotak dialog Layer Style, atau Layer Style pop-up panel di options bar.
  2. Lakukan salah satu dari yang berikut:
    • Pilih Load Styles untuk menambah perpustakaan untuk daftar saat ini. Kemudian pilih file library yang ingin Anda gunakan, dan klik Load.
    • Pilih Ganti Styles untuk menggantikan daftar saat ini dengan perpustakaan yang berbeda.Kemudian pilih file library yang ingin Anda gunakan, dan klik Load.
    • Pilih file library (ditampilkan di bagian bawah menu panel). Kemudian klik OK untuk menggantikan daftar saat ini, atau klik Append untuk menambahkan daftar saat ini.
  3. Untuk kembali ke perpustakaan standar gaya preset, pilih ulang Styles. Anda juga dapat mengganti daftar saat ini atau menambahkan perpustakaan standar untuk daftar saat ini.
    Catatan: Anda juga dapat menggunakan Preset Manager untuk memuat dan mengatur ulang gaya perpustakaan. Lihat Tentang Preset Manager .

0 Response to "Photoshop / Efek lapisan dan gaya"

Post a Comment

Recent

Comment