Enter License Here

Terima Kasih Terlah Berkunjung
Jika anda tertarik dengan blog kami bisa like fanspage


SUDAHKAH ANDA BERSEDEKAH HARI INI ? cARA TERBAIK BERSEDEKAHBayangkan beliau orang tua kita ? Berjualan untuk hidup... Kadang dagangan tidak habis... Kadang kehujanan, kadang dicaci.... Ingat... sebagian rezeki kita adalah hak mereka... Salurkan sedekah anda ke admin otak bergetar.. BCA 460-000-1464... Admin bertanggung jawab menyalurkan seluruh bantuan ke yang berhak.. dan akan ada laporan resminya... "Amalmu yang akan menyelamatkanmu"
×

Animasi 3D di Adobe Photoshop

Ketika Anda memikirkan Adobe Photoshop, Anda mungkin berpikir tentang editing gambar dan compositing. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda bisa membuat animasi 3D di Photoshop?
Animasi di Photoshop sebelumnya dilakukan melalui aplikasi pendamping bernama Adobe ImageReady, yang Adobe dihentikan beberapa tahun yang lalu. Aplikasi ini sangat mirip dengan Photoshop dalam fungsi dan memungkinkan Anda untuk menghidupkan menggunakan waktu, yang tampak lebih seperti slide animasi daripada animasi waktu Anda akan melihat dalam produk animasi lainnya seperti Flash dan Photoshop.
Ketika Adobe ImageReady dihentikan, kemampuan animasi yang diintegrasikan ke dalam Photoshop, yang memberikan lebih banyak kekuatan Photoshop dan memberikan pengguna alur kerja yang lebih baik untuk membuat kedua grafis dan animasi dalam satu aplikasi, bukan dua.
Dengan menambahkan kemampuan 3D untuk fitur animasi, Adobe telah meningkatkan fitur Photoshop diatur dalam beberapa rilis terakhir.
Pada artikel ini, saya membahas kedua 3D dan animasi dengan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menghidupkan model 3D di Photoshop dalam ruang 3D menggunakan panel Animation waktu. Tutorial ini membutuhkan pengetahuan dasar tentang fitur Photoshop CS5, khususnya 3D. Untuk mengikuti bersama, download sampel bekerja serta model 3D dari monitor televisi LCD , courtesy of 3G Digital Arts Portal.

Mengimpor model 3D

Photoshop memungkinkan Anda untuk bekerja dengan berbagai jenis konten 3D seperti:
  • Model 3D yang diimpor dari alat 3D dan aplikasi
  • Dasar model 3D dalam menu 3D di Photoshop
  • Lapisan 2D dikonversi ke 3D
  • Jalan dan teks dikonversi ke 3D menggunakan fitur repousse baru
Untuk memulai, mari kita mengimpor model 3D dari sebuah TV LCD dalam format 3DS. Untuk mengimpor model 3D:
  1. Buat dokumen Photoshop baru yang 500 piksel oleh 500 piksel.
  2. Buat gradien latar belakang.
  3. Pilih 3D> New Lapisan Dari 3D file. Arahkan ke file 15home-cinema.3DS, dan klik Open. 

Membuat animasi inti

Setelah mengimpor model 3D, langkah selanjutnya adalah membuat animasi untuk model. Dalam animasi ini, kita akan menampilkan model 3D sambil berputar dalam ruang 3D. Pertama kita akan menampilkannya sebagai gambar rangka. Maka akan berubah menjadi model sepenuhnya berbayang menggunakan fitur Cross Section dalam panel 3D.
Fitur Cross Section memungkinkan Anda menampilkan atau menyembunyikan bagian-bagian dari model dan menghidupkan pesawat mengiris. Untuk membuat animasi di Photoshop, buka panel Animation. Model 3D lapisan terdaftar, dan di samping itu, Anda dapat melihat sebuah panah yang memungkinkan Anda untuk memperpanjang sifat lapisan yang akan digunakan untuk membuat animasi. Perhatikan bahwa timecode yang muncul di bagian atas kanan panel Animation menampilkan waktu saat ini bila Anda memilih posisi dengan slider Indikator Current Time. Hal ini juga memilih kecepatan animasi dalam frame per detik (fps). Anda dapat mengubah ini dengan memilih Document Settings dalam menu konteks-sensitif Animasi panel.
Pastikan bahwa Indikator Waktu kini ditempatkan di awal timeline. Untuk memutar model 3D, mengaktifkan properti Object 3D dengan memeriksa Time-Vary stop watch sebelah sublayer properti ini. Ini akan menambahkan keyframe baru pada awal animasi. Keyframes akan dibuat secara otomatis ketika Anda mengubah rotasi objek 3D.
Untuk memutar objek 3D, pilih alat 3D Rotate dari panel Tools. Ada tiga cara untuk memutar objek. Anda dapat:
  • Tarik alat 3D Rotate atas model 3D untuk memutar itu, meskipun ini bukan merupakan metode yang akurat.
  • Gunakan alat 3D Axis, yang memungkinkan Anda mengontrol model 3D dengan menyeret masing-masing ikon di sumbu. Bila Anda berguling ikon aktif, ternyata kuning untuk menunjukkan itu aktif.
  • Masukkan nilai dalam Options bar di bagian atas ruang kerja Photoshop.
Perhatikan bahwa Anda harus memiliki kartu grafis yang kompatibel dengan dukungan OpenGL diaktifkan untuk bekerja dengan alat 3D. Anda dapat mengetahui apakah kartu grafis Anda mendukung 3D dengan mengunjungihttp://kb2.adobe.com/cps/404/kb404898.html .
Anda juga harus mengaktifkan OpenGL dengan memilih Photoshop> Preferences> Performance dan memilih Enable OpenGL Menggambar dari daerah Pengaturan GPU.
Untuk memutar objek 3D:
  1. Pindahkan Indikator Current Time ke frame 30 (pada 1:00 mark di timeline).
  2. Pilih tool 3D Rotate dan berguling busur kecil pada panah hijau untuk menampilkan siklus kuning.
  3. Putar TV LCD dengan 180 derajat seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.
Rotasi LCD TV 3D pada frame 30.
Gambar 1. Rotasi dari LCD TV 3D pada frame 30.
  1. Pindahkan Indikator Current Time ke frame 60 (2:00 mark dalam animasi).
  2. Putar TV 3D 180 derajat lebih lanjut untuk menyelesaikan rotasi penuh dan kembali ke posisi yang sama seperti frame pertama. Tampilan akhir dari timeline ditunjukkan pada Gambar 2.
Rotasi LCD TV 3D pada frame 60.
Gambar 2. Rotasi dari LCD TV 3D pada frame 60.
Sekarang kita akan membuat animasi secara bertahap muncul dari atas ke bawah menggunakan fitur Cross Section dalam panel 3D:
  • Pastikan Indikator Waktu saat ini adalah pada frame 3 di timeline.
  • Buka panel 3D dan memverifikasi bahwa lapisan adegan dipilih. Di bagian bawah panel, pilih opsi Cross Section untuk mengaktifkannya. Sebuah pesawat mengiris akan muncul untuk memotong model 3D.
  • Mengatur properti Bagian Salib untuk:
    • Pesawat opacity: 0%
    • Nilai offset: 50 +
    • Z-Axis dipilih

  • Periksa Time-Vary stop watch sebelah Cross Section properti di panel 3D.
  • Pindahkan Indikator Current Time ke frame 60.
  • Di daerah Cross Section dari panel 3D, mengatur Offset 50 untuk menampilkan seluruh model yang LCD (lihat Gambar 3).
Animasi dengan Cross Section diaktifkan.
Gambar 3. Animasi dengan Cross Section diaktifkan.
  1. Pindahkan Indikator Current Time ke awal timeline.
  2. Klik Time-Vary stop watch sebelah nilai Opacity.
  3. Pada panel Layer, mengatur opacity layer model 3D untuk 0.
  4. Pindahkan Indikator Current Time ke frame 60.
  5. Atur opacity pada panel layer sampai 100.
Anda dapat menekan spasi pada keyboard untuk melihat animasi.

Membuat animasi gambar rangka

Anda telah berhasil membuat animasi inti untuk model LCD 3D. Sekarang Anda perlu membuat sebuah animasi gambar rangka yang dimulai sebelum model sepenuhnya berbayang dan menjiwai sebelum model berbayang muncul.
  1. Gandakan lapisan model 3D pada panel Layers. Perhatikan bahwa ini menciptakan lapisan duplikat di panel Animation.
  2. Pindahkan duplikat layer untuk muncul di bawah lapisan asli.
  3. Pada panel 3D di bawah Render Settings, klik tombol Edit dan pilih Wireframe dari menu pull-down Preset.
  4. Mengubah warna gambar rangka menjadi putih dan klik OK (lihat Gambar 4).
The 3D Render Pengaturan kotak dialog.
Gambar 4. 3D Render Pengaturan kotak dialog.
  1. Dalam Animasi waktu, hapus Time-Vary stop watch sebelah properti Opacity untuk menghapusnya, dan periksa lagi untuk mengatur opacity dari gambar rangka untuk memulai dengan 100 pada frame 30 dan fade out ke 0 pada frame 60.
  2. Karena kita disalin lapisan ini dari model 3D asli, ia memiliki keyframes serupa. Sekarang, pilih frame pertama di Cross Section sublayer properti dan tarik ke awal timeline.
Setelah menyelesaikan animasi, Anda perlu mengatur Wilayah Kerja yang memberitahu Photoshop awal dan akhir animasi.
Di bagian atas timeline, Anda akan melihat dua kurung biru pada awal dan akhir timeline. Anda dapat menggunakan tanda kurung ini untuk mengatur bagian yang ingin Anda Photoshop untuk membuat dalam animasi. Tinggalkan Wilayah Kerja braket Mulai di mana itu, dan tarik braket Wilayah Kerja End ke akhir animasi pada frame 60.
Gambar 5 menunjukkan bagaimana timeline akan muncul setelah Anda selesai animasi.
Timeline untuk animasi selesai.
Gambar 5. Timeline untuk animasi selesai.

Mengekspor animasi

Sebelum mengekspor animasi 3D untuk format video, Anda perlu mengatur kualitas Model untuk memastikan kualitas terbaik untuk video output. Pada panel 3D, Anda akan melihat bahwa pengaturan Kualitas dalam Render Pengaturan diatur ke Draft interaktif (lihat Gambar 6). Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lancar dengan animasi tanpa mengkonsumsi sumber daya komputer Anda dan menunggu untuk waktu yang lama untuk memuat setiap langkah, tapi pilihan ini tidak menjamin kualitas yang baik untuk model keluaran rendering. Anda harus menggunakannya hanya saat bekerja dengan model.
Untuk memastikan garis halus dan kualitas terbaik untuk model 3D, mengatur pengaturan Kualitas ke Ray ditelusuri (lihat Gambar 6).
The Render pilihan Pengaturan pada panel 3D.
Gambar 6. The Render pilihan Pengaturan pada panel 3D.
Setelah Anda menyelesaikan animasi 3D, Photoshop memberi Anda kemampuan diperpanjang untuk membuat video Anda dan ekspor dalam format dan pengaturan yang berbeda di kedua video dan urutan gambar. Format output terbaik tergantung pada kebutuhan proyek Anda dan media target untuk animasi video Anda.

Tempat

The bagian Lokasi memungkinkan Anda nama video diekspor, memilih tempat untuk menyimpannya, dan membuat subfolder untuk menyimpan video Anda dalam, jika diinginkan.

Pilihan File

Pada bagian Pilihan File, Anda dapat mengatur format output dari animasi 3D. Anda dapat memilih format video atau urutan gambar.
Anda dapat mengekspor animasi Anda dalam format video berikut:
  • 3G ponsel video yang
  • Flash video (FLV)
  • FLC
  • QuickTime
  • AVI (Windows)
  • DV Streaming
  • MPEG-4
Jika Anda memilih Gambar Sequence, Anda dapat memilih salah satu dari format berikut:
  • BMP
  • Cineon
  • DICOM
  • JPEG
  • OpenEXR
  • Photoshop
  • PNG
  • Targa
  • TIFF

Jarak

Bagian rentang menentukan jumlah frame yang akan diberikan dalam output. Rentang output meliputi tiga pilihan:
  • Semua frame
  • Berbagai bingkai Anda dapat mengatur dengan menetapkan Dalam Frame dan Bingkai Out
  • Frame yang sedang dipilih

Render Options

Bagian Pilihan Render memungkinkan Anda untuk mengatur opsi Alpha Channel dan Frame Rate isi diekspor.

Rendering animasi Anda

Untuk animasi ini, pilih File> Export> Render Video, dan mengatur pilihan video animasi 3D berikut:
  1. Lokasi: Mengatur nama file video output dan menentukan di mana Anda ingin menyimpannya.
  2. Pilihan File: Mengatur format output video untuk QuickTime. Klik tombol Settings. Pada kotak dialog Pengaturan Video, Anda dapat mengatur kualitas dan ukuran file video output.
  3. Range: Mengatur video membuat rentang Saat Dipilih Frames untuk membuat hanya frame dalam kurung Wilayah Kerja.

Kesimpulan

Anda telah berhasil membuat dan animasi model 3D di Photoshop dan diekspor ke format video. Tutorial ini hanya pengenalan 3D dan fitur animasi di Photoshop. Untuk tips lebih mendalam dan teknik, periksa buku sayaPhotoshop 3D untuk animator , yang meliputi animasi dan 3D secara mendalam dengan contoh-contoh diperpanjang. 

0 Response to "Animasi 3D di Adobe Photoshop"

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts