Cara Backup Data Postingan Artikel Blog dengan Mudah dan Aman

Cara Backup Data Postingan Artikel Blog – Postingan atau artikel merupakan salah satu komponen inti dan utama dari sebuah blog, semua blog yang ada dengan niche atau kategori apapun pasti memiliki yang namanya postingan atau artikel dengan jenis konten tertentu yang dipublikasikan kepada pembaca sesuai dengan kategori blog tersebut. Blog yang telah lama berada di dunia internet atau dunia blogger dan memiliki ratusan hingga ribuan artikel atau postinga maupun blog yang masih baru yang baru memiliki puluhan postingan seperti saya memiliki resiko yang sama selama masih menggunakan hosting dari blogger atau blogspot yaitu terancam dihapus secara tiba – tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak google.



Perkembangan robot google dan algoritma google dalam menjamin mutu dan kualitas blog dan artikel yang muncul pada halaman penting google yang hingga kini telah dirilis algoritma google hummingbird menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi sebagian blogger karena hingga saat ini telah terbukti banyak blog yang telah dihapus secara tiba- tiba oleh pihak google bahkan kepada blog besar milik para master sekalipun yang memiliki konten original dan backlink yang berkualitas. Oleh karena itu hal – hal yang menakutkan dan merugikan yang dapat terjadi pada blog kita kapanpun melatar belakangi kita untuk melakukan antisipasi terhadap perlindungan data – data di dalam blog kita yang merupakan hasil kerja keras kita selama ini. Salah satu data yang perlu kita amankan atau backup yaitu postingan atau artikel yang ada di dalam blog kita.

Proses backup terhadap data postingan artikel kita perlu kita lakukan secara berkala mengikuti pertambahan artikel kita agar setiap postingan yang telah kita buat dapat teramankan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap blog kita, selain data blog berupa postingan anda juga harus membackup tampilan atau template beserta widget blog anda dengan mengikuti cara backup data template blog. Proses backup sendiri merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan karena kita dapat langsung melakukannya di dashboard blogger tanpa melalui tool atau website tertentu, oleh karena itu kita harus rajin dan tertaur dalam melakukan backup. Untuk backup data blog yaitu dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

Cara backup data postingan artikel blog

Login atau masuk ke akun blogger.com anda
Klik menu “Setelan” dan sub menu “Lainnya”
Klik “Ekspor Blog”
backup blog












Selanjutnya tinggal mengunduh dengan klik “Unduh blog”


Semua data postingan arikel yang telah anda posting di blog anda akan terbackup dalam file berekstensi .xml yang anda unduh baru saja, dan jika anda ingin mengupload atau memasukan data postingan yang telah anda unduh atau download sebelumnya ke blog anda caranya yaitu dengan klik “Impor Blog” dan pilih file yang ingin diuploade serta mengisikan kolom captcha.
Impor Blog













Artikel penting lainnya : 6 Cara mendapat backlink berkualitas dan situs template blog keren dan gratis
 Saya yakin Cara Backup Data Postingan Artikel Blog dengan Mudah dan Aman ini sangat mudah dimengerti dan dilakukan oleh kita semua.

0 Response to "Cara Backup Data Postingan Artikel Blog dengan Mudah dan Aman"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu