9 Cara Menghindari dan Mengatasi Virus Malware di Komputer (PC) anda

9 Cara Menghindari dan Mengatasi Virus Malware di Komputer (PC) anda - Salah satu masalah yang sering dialami sebuah komputer baik itu personal computer maupun laptop adalah maslah infeksi Malware atau yang lebih sering orang sebut dengan kata virus saja.

Apa itu Malware?

Malware atau malicious software sendiri sebenarnya merupakan sebuah program baik perupa code, scripts, active content dsb yang dibuat untuk merusak atau menganggu sebuah program atau operasi system lainnya, contohnya yaitu menganggu program kita.
Selain virus terdapat banyak jenis dari malware sendiri, beberpa contoh malware saya yakin telah sering anda baca atau dengar dari internet maupun antivirus yang anda gunakan. Beberapa contoh malware adalah Worm, keylogger, browser hijacker, trojan, adware, spyware dan lain – lain.
Menghindari malware
Menghindari malware
Apa dan Mengapa Malware sangat Berbahaya?

Dalam dunia internet malware merupakan salah satu masalah besar yang sering terjadi, hal ini disebabkan dengan tidak dapat terdeteksinya kode malware oleh komputer atau antivirus kita. Salah satu cara infeksi malware ini yaitu melalui browser yang kita gunakan untuk berselancar di internet dan melalui program atau aplikasi yang kita ambil di sembarang situs.
Masalah yang terjadi jika malware telah menginfeksi perangkat kita perlu kita khawatirkan karena sebuah malware yang dikendalikan oleh seorang cracker dapat saja mencuri data – data penting di perangkat (komputer) kita.

Jadi bagaimana solusinya?

Ingat, hal pertama yang penting dalam segala kasus adalah tindakan pencegaham, mengingat akan bahayanya malware atau virus ini. Tindakan pencegahan yang tepat merupakan solusi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan komputer anda. Berikut adalah tips mencegah atau menghindari malware di perangkat anda

Cara Menghindari Sekaligus Mengatsi Malware (Virus)

1. Usahakan selalu melakukan update atau perbaruhan terhadap perangkat dan aplikasi anda, seperti Sistem Operasi, Aplikasi/ Software, Antivirus serta Browser yang merupakan jalur masuknya malware.

2. Pasang antivirus dan internet security yang bagus di perangkat anda (komputer dan gadget lainnya), misalnya seperti Norton, Avast dan lain – lain.

3. Hindari menggunakan atau mendownload aplikasi atau jenis program lainnya yang merupakan hasil crack (bajakan), apalagi dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya.

4. Hindari membuka atau menelusuri situs atau halaman yang tidak jelas dan memiliki reputasi buruk seperti situs bajakan, keygen, dewasa dsb.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;"><
5. Downloadlah aplikasi atau jenis file lainnya dari situs yang terpercaya dan hindari asal mendownload melalui file hosting seperti mediafire dll yang tidak jelas penguploadnya.

6. Dalam membuat password untuk akun penting anda di internet seperti email, usahakan menggunakan kombinasi kata yang sulit dengan komposisi huruf, angka dan kode lainnya seperti !,$,) dll.

7. Setiap mendapat email hindari membuka email yang tidak jelas, terutama email dengan format .exe.

8. Pasang software anti malware seperti HijackThis, Adware, McAfee site advisor dsb yang sangat terbukti dalam mencegah, menghindari serta mengatasi malware. Baca Cara mengatasi websearch, istart otomatis di browser dengan Adware

9. Bersihkan temporary file internet , cookies dsb yang bisa saja merupakan tempat terjangkitnya malware pada perangkat kita. untuk lebih mudahnya dapat menggunakan aplikasi seperti CCLeaner.

Demikian 9 Cara Menghindari dan Mengatasi Virus Malware di Komputer (PC) anda ini semoga bermanfaat untuk mengatasi masalah dan memberikan pengetahuan kepada anda.

0 Response to "9 Cara Menghindari dan Mengatasi Virus Malware di Komputer (PC) anda"

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts