Cara Membuat Artikel Tutorial yang Baik, Benar dan Berkualitas

Artikel tutorial merupakan sebuah artikel yang berisi tulisan atau konten dalam bentuk cara atau tutorial untuk melakukan sesuatu. Artikel yang berisi tutorial ini merupakan salah satu jenis artikel yang banyak di cari dan di publikasi (dibuat) oleh para blogger.

Untuk membuat sebuah artikel tutorial yang baik ada beberapa hal yang perlu kita pahami agar artikel tersebut menjadi artikel yang baik dan berkualitas. Cara membuat artikel berkualitas sendiri telah banyak dipublikasikan oleh para blogger termasuk saya sendiri yang saya jelaskan pada artikel cara membuat konten artikel berkualitas.

Akan tetapi pembahasan kita kali ini akan lebih spesifik yaitu dalam konteks artikel berisi tutorial yang terdapat beberapa perbedaan dengan banyak jenis artikel lainnya, sehingga untuk membuat artikel tutorial yang berkualitas diperlukan beberapa hal ekstra untuk dipahami.
Artikel tutorial
Artikel tutorial
Apa perbedaan artikel tutorial dengan artikel lainnya?

Pada umumnya setiap artikel memiliki beberapa karakteristik maupun ciri yang sama yaitu berupa sebuah tulisan, dan membahas mengenai 5w dan 1h (Seluruh atau sebagian saja). Akan tetapi jika ditinjau secara spesifik setiap artikel memiliki karakteristik yang cukup berbeda dari cara penyampaian serta tujuannya seperti yang saya jelaskan pada artikel jenis blog berdasarkan isinya.

Artikel tutorial sendiri memiliki beberapa ciri khusus yang berbeda dengan jenis artikel lainnya yaitu lebih bersifat mendeskripsi sekaligus menjelaskan, karena sebuah artikel tutorial bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara untuk melakukan sesuatu. Hal ini jelas berbeda dengan artikel lainnya seperti berita yang menekankan seluruh aspek 5w+1h yang bersifat menginformasikan, artikel eksposisi yang lebih menekankan aspek What (apa) yang bersifat menjelaskan.

Mengapa penting untuk mengetahui cara membuat artikel tutorial yang baik?

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa artikel yang berisikan tutorial memiliki ciri dan karakteristik khusus dari jenis artikel lainnya. Oleh karena itu sangat penting mengetahui dan menekankan aspek tersebut sebagai indikator bahwa artikel tutorial yang kita buat sudah cukup bagus dan layak untuk dipublikasikan.

Bagaimana cara membuat artikel tutorial yang baik dan berkualitas?

Setelah memahami karakter khusus serta perbedaan artikel tutorial dengan jenis artikel lainnya, seharusnya kita pasti telah memahami hal apa saja yang perlu kita buat atau terapkan pada artikel berisi tutorial ini. Bebera hal yang harus diterapkan untuk membuat artikel tutorial yang berkualitas yaitu:

1. Judul yang tepat

Setiap artikel yang baik harus memilki judul yang tepat untuk menunjang kualitas artikel tersebut dalam hal seo, serta judul tersebut harus sesuai dengan isi artikel tersebut. Begitu pula halnya artikel tutorial yang akan lebih baik dan tepat dengan menggunakan judul yang memuat kata cara seperti cara menghasilkan uang dari internet, Tutorial, langkah, bagaimana? Dsb yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan dan isi artikel anda

2. Pembuka dan penjelasan

Sebuah artikel yang baik harus didahului dengan pembuka yang baik yang dapat berisi penjelasan dasar mengenai artikel anda maupun hal yang menjadi topik pada artikel tutorial tersebut.

3. Gunakan petunjuk yang jelas (Angka dsb)

Sebuah artikel tutorial pastinya berisi langkah atau cara tertentu yang dibagi menjadi beberapa tahap. Untuk menjelaskan hal tersebut kepada pembaca melalui tulisan, kita harus menggunakan petunjuk seperti angka maupun tanda lainnya seperti yang ada pada artikel ini.

4. Gunakan screen shoot atau gambar untuk memperjelas penjelasan

Sebuah gambar atau screen shoot menjadi salah satu hal yang wajib pada bebera jenis artikel tutorial,
yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;"><
seperti tutorial untuk membuat sesuatu atau menggunakan sesuatu (ex: Cara membuat artikel terkait di blog, Cara memasang widget jam di blog). Dengan memberikan screenshoot atau gambar akan memberikan kemudahan bagi pembaca tutorial tersebut untuk melakukan langkah yang kita jelaskan pada artikel tersebut.

5. Sertakan pelengkap lainnya seperti link, istilah dsb

Pada beberapa artikel tutorial dibutuhkan keterangan yang jelas agar tidak membuat pengunjung bingung serta tautan yang jelas pula berupa link yang menuju ke beberap website yang menjadi penjelasan pada artikel tutorial tersebut.

6. Panjang artikel yang sesuai

Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah artikel tutorial terkadang memiliki penjelasan yang cukup singkat dibandingkan artikel yang menjelaskan (eksposisi), sedangkan sebuah artikel berkualitas menurut panduan webmaster harus memiliki minimal 300 kata. Oleh karena itu usahakanlah membuat artikel yang cukup panjang dibagian penjelasan serta menyertakan contoh. Akan tetapi jangan sampai menjelaskan sesuatu dengan berbelit – belit dan tanpa manfaat yang menyebabkan kejenuhan pembaca pada artikel anda.

Selain beberapa poin diatas anda juga harus menerapkan hal dasar dalam membangun konten yang berkualitas serta optimasi onpage yang tepat, karena beberapa hal yang saya jelaskan diatas hanyalah tambahan agar anda dapat lebih mengerti secara spesifik mengenai artikel tutorial yang berkualitas.

0 Response to "Cara Membuat Artikel Tutorial yang Baik, Benar dan Berkualitas"

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts