Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang
Manusia adalah mahkluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan YME, manusia tidak dapat hidup sendiri atau dapat dikatakan manusia adalah makhluk sosial. perbedaan yang membedakan antara Manusia dengan Makhluk lainnya adalah manusia diberi ilmu dan nafsu yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. akal pikiran tersebut digunakan untuk hal yang baik seperti bertahan hidup. makin kesini manusia semakin berkembang, dahulu pada zaman purba manusia telah dapat menciptakn alat-alat yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaanya seiring berjalannya waktu, peralatan tersebut dapat berkembang lebih canggih karena manusia memiliki akal pikiran yang dapat dipergunakannya. oleh karena itu manusia memiliki derajat yang lebih tinggi dari makhluk ciptaan tuhan lainnya dan manusia diberi kewajiban lebih untuk menganut agama dan beribadah kepada tuhannya, berbeda dengan hewan yang tidak diberi kewajiban tersebut.
Kebudayaan adalah sesuatu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. atau dapat diartikan perilaku manusia terhadap lingkungannya termasuk agama, perilaku, seni, bahasa maupun peralatan hidup yang digunakan manusia selama hidupnya.
Rumusan Masalah
  1. Kenapa ISD sebagai MKDU?
  2. Apa pengertian dan tujuan dari ISD?
  3. Bagaimana hubungan antara ISD dengan IPS?
  4. Apa saja ruang lingkup dari ISD?
Tujuan Masalah
            Tujuan saya membuat makalah tentang ilmu budaya dasar ini selain untuk mendapatkan nilai tugas mata kuliah ilmu budaya dasar adalah memberitahu kepada para pembaca dan para mahasiswa baru baik universitas negeri maupun swasta lebih mengenal ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum, pengertian dan tujuan ilmu sosial dasar itu sendiri, dan juga ruang lingkup dari mata kuliah ilmu sosial dasar.

BAB II

 ISI

ISD adalah singkatan dari Ilmu Sosial Dasar. Sebelum kita mengetahui hakekat dan fungsi ISD, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Sosial.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi Sosial menurut para ahli;

·         LEWIS - “Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga Negara dan pemerintahannya”
·         KEITH JACOBS - “Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas”
·         RUTH AYLETT - “Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi”
·         PAUL ERNEST – “Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama”
·         PHILIP WEXLER - “Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia”

Setelah membaca makna sosial dari beberapa ahli, akhirnya saya dapat menyimpulkan makna dari social tersebut. Sosial adalah suatu kegiatan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia agar dapat mempererat hubungan satu dengan yang lainnya. Sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat disebut Sosialisasi. Sosialisasi ini sangat penting dalam kehidupan karena kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa berdampingan dengan masyarakat lain, bahkan dengan hewan dan tumbuh-tumbuhan sekalipun. Maka dari itu, manusia disebut sebagai Makhluk Sosial.

ü ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu dasar yang mempelajari tentang kehidupan sosial. Ilmu-ilmu Sosial Dasar tersebut beberapa diantaranya adalah; Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Antropologi dan Psikologi Sosial.




ü FUNGSI ILMU SOSIAL DASAR DI PERGURUAN TINGGI

Setelah menelaah makna dari Ilmu Sosial Dasar dia atas, secara otomatis kita dapat mengetahui fungsi dari ISD dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, yang akan saya bahas kali ini adalah Fungsi ISD di Perguruan Tinggi.

1.1    Ilmu Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu sosial yang bertujuan untuk memahami sifat-sifat berbeda dari setiap manusia yang ditemuinya. Sosiologi sangat berfungsi di Perguruan Tinggi terutama untuk para Mahasiswa Baru agar tidak merasa sendiri diantara orang-orang yang tidak dikenal.

1.2     Ilmu Ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Fungsinya di Perguruan Tinggi adalah sebagai pedoman untuk bersikap hemat. Dengan mempelajari ilmu ini, kita akan tahu mana yang termasuk kebutuhan primer (pokok), sekunder, dan tersier.

1.3    Sejarah
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari asal muasal atau sejarah suatu kejadian, tempat, atau peristiwa dimasa lampau atau silsilah suatu keturunan. Fungsinya di perguruan tinggi adalah untuk mengetahui sejarah dari Perguruan Tinggi trsebut.

1.4    Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Ini juga sangat penting fungsinya di Perguruan Tinggi terutama bagi para Mahasiswa Baru. Salah satunya adalah agar kita dapat mengetahui sifat dan adat dari mahasiswa lain karena pasti dalam satu Perguruan Tinggi terdapat mahasiswa dengan budaya yang berbeda-beda. Jika kita sudah memahami atau mengetahui budaya serta adat dari daerah mereka masing, maka kita dapat memaklumi jika ada sifat yang sedikit bertentangan dengan kita.
1.5    Psikologi Sosial
Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan kelompok. Fungsinya adalah untuk mengetahui bagaimana sifat atau watak dari seseorang atau kelompok yang kita temui.
Berdasarakan pada tulisan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial ini memang penting diterapkan di kehidupan bermasyarakat agar tercipta sebuah kehidupan yang rukun dan tidak terasing, egois, serta dapat memahami satu sama lain.


ü  PENGERTIAN
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :

        I.            Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode – metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala – gejala alam secara lebih filosofis. meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
      II.            Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
    III.            Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi).

Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

• Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.

• Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
• Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

2. TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
Ø  Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
Ø  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
Ø  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
Ø  memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

3. ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a.      Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.      Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b.      Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c.       Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

4.Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar.

Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasikan kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan, yaitu :

1.      Kenyataan=kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.      Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan
3.      untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan.



















Sumber Referensi :
https://nathaniaseptavy.wordpress.com/tag/3-kelompok-ilmu-pengetahuan/


0 Response to "Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu