Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar


Cara Memasang Plugin di Photoshop - Photoshop merupakan software editing foto yang amat canggih dan dilengkapi dengan banyak fitur. Karena kecanggihannya tersebut kebanyakan orang, terutama di Indonesia memilih aplikasi ini untuk kebutuhan editing foto dan digital imaging. Karena kebutuhan desain amat beragam, akhirnya banyak produsen yang membuat berbagai jenis plugin atau fitur tambahan yang compatible atau bisa dimasukkan ke dalam software adobe photoshop. Jenis plugin pun ada bermacam-macam salah satu yang paling sering digunakan adalah plugin filter. Karena plugin merupakan salah satu fitur tambahan maka untuk menambahkannya anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Anda bisa menemukan berbagai jenis plugin dan mendapatkannya secara gratis karena memang sudah banyak tersebar di berbagai situs.

Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar
Source: Google Images


Setelah anda mendownload plugin photoshop yang anda butuhkan, tentu anda tidak bisa lengsung menggunakannya di dalam photoshop. Ada cara-cara yang harus anda tempuh untuk menginstal atau memasang plugin ke dalam software photoshop agar bisa anda gunakan untuk membantu proses editing. Nah, tutorial photoshop kali ini akan memberikan penjelasan kepada anda tentang bagaimana cara memasang plugin photoshop yang benar. Sehingga anda bisa menggunakan plugin tersebut tanpa mengalami masalah yang disebabkan oleh kesalahan proses instalasi. Yuk mari kita simak bersama langkah-langkah pemasangan plugin photoshop berikut ini:

Tutorial Cara Menginstal Plugin di Photoshop

 

Cara Pertama: Temukan folder plugin pada komputer anda

 

Plugin photoshop memiliki folder tersendiri di dalam komputer anda. Folder tersebut merupakan salah satu sub-folder yang terdapat dalam folder dimana anda menginstal photoshop tersebut. Jika anda menginstal software photoshop pada Local disk C dalam komputer anda, maka alamat folder plugin photoshopnya kurang lebih seperti ini:

C:\Program Files\Adobe\Photoshop 7.0\Plug-ins\

Namun apabila anda kesulitan untuk menemukan lokasi folder tersebut, anda bisa memanfaatkan fitur search pada komputer anda untuk mencarinya. Ketikan saja "Plug-ins" kemudian tunggu sampai komputer menemukan folder tersebut.

Barulah setelah itu anda instal plugin tersebut dengan mengatur lokasi instalasi pada folder plugin yang sudah anda cari sebelumnya. Biasanya ketika anda menginstal sebuah plugin untuk photoshop anda akan diberikan kesempatan untuk memilih lokawsi instalasi dari plugin tersebut. Setelah selesai di instal, restart komputer anda kemudian periksa pada software photoshop anda apakah plugin tersebut sudah terpasang. Jika belum, mungkin anda bisa mencoba cara instalasi yang kedua.



Cara Kedua: Mengatur folder tambahan untuk plugin

 

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pencarian folder langsung dari aplikasi photoshopnya. Di dalam aplikasi photoshop, pilih menu Edit>Preferences>Plug-ins & Scratch Disks... Lalu pada jendela yang muncul, pastikan bahwa kolom Additional Plug-Ins Directory telah dicentang. Kemudian anda bisa mengklik tombol Choose dan mencari dimana lokasi anda menginstal plugin. Dengan cara ini anda bisa membantu photoshop untuk menentukan lokasi plugin. Setelah itu silahkan anda restart komputer anda. Lalu jalankan aplikasi photoshop dan periksa apakah sekarang plugin yang anda instal sudah bisa diakses melalui photoshop.

Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar
Source: Google Images


Jika kedua cara memasang plugin di photoshop di atas telah anda coba dan masih belum berhasil, mungkin saja plugin yang anda download tidak sesuai dengan versi photoshop yang anda miliki. Atau mungkin file tersebut corrupt. Cbalah periksa kembali apakah plugin tersebut memang sesuai dengan versi photoshop yang ada di dalam komputer anda atau tidak. Lalu cobalah untuk menginstal plugin tersebut kembali. Semoga berhasil.

0 Response to "Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu