Cara Mengetahui Website Palsu / Penipuan dari Ciri – cirinya

Penipuan merupakan tindakan yang tidak menyenangkan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan kepentingan pribadi dan bersifat merugikan orang lain. Kegiatan penipuan dewasa ini telah berkembang sangat variatif. Mulai dari penipuan secara langsung hingga penipuan yang digunakan melalui teknologi saat ini.

Beberapa penipuan yang banyak ditemukan saat ini yaitu penipuan yang dilakukan melalui sms dan website – website palsu. Kebanyakan orang saat ini sering tertipu penipuan yang menggunakan website sebagai perantara. Banyak orang kurang teliti dan tidak menyadari legalitas sebuah situs sehingga mengalami kerugian baik berupa data/ informasi hingga uang yang dikirim dari ATM mereka.

Selain faktor ketelitian, banyak orang juga kurang mengerti bagaimana membedakan sebuah situs asli ataupun palsu dan menjurus ke arah penipuan. Maka, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa hal dasar untuk menjadi cara anda membedakan website yang bersifat penipuan atau palsu

Ciri – ciri website palsu/ penipuan

Cara Mengetahui Website Palsu / Penipuan
Cara Mengetahui Website Palsu

1. Alamat web/ nama domain

Website yang memiliki alamat web yang sangat panjang dan memiliki subdomain (seperti .blogspot, .wordpress dll) contohnya www.poinplus.blogspot.com, kuisberhadiah.wordpress.com dll. Website seperti itu biasanya bukan merupakan sebuah website besar yang menyediakan undian atau tempat transaksi lainnya. Maka jika ada undian atau sejenisnya ke website tersebut harus anda waspadai.

Selain itu anda juga harus teliti melihat url sebuah web, karena banyak modus penipuan dilakukan dengan membuat alamat website yang hampir mirip dengan aslinya contohnya saja klikbac.com dll yang mirip dengan situs klikbca.com. Sehingga sebelum transaksi pastikan dahulu website tersebut asli.
Lihat juga Tips belanja online dengan aman

2. Tampilan web

Tampilan web menjadi ciri selanjutnya yang harus anda perhatikan dengan cermat sebelum melakukan transaksi pada web tersebut. Sebuah web besar pada dasarnya akan didesain dengan baik dan rapi. Jadi, apabila web yang anda kujungi terlihat berantakan atau memiliki tampilan yang sangat sederhana (biasa), anda patut mencurigai web tersebut.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
3. Alamat perusahaan

Selanjutnya hal yang dapat anda perhatikan yaitu apakah web tersebut mencantumkan alamat perusahaan atau pemilik webnya dengan jelas atau tidak ada sama sekali. Jika tidak ada tentunya hal tersebut patut dicurigai karena pada umumnya sebuah web besar akan memberikan alamatnya sebagai bukti legalitas.
Jika ada alamat, hal tersebut belum tentu menandakan web tersebut dapat dipercaya, pastikan juga alamat yang tertera adalah benar milik perusahaan atau pemilik website. Karena bisa saja alamat yang dimasukan adalah alamat palsu.

4. Contact dan customer service

Sebuah website besar yang memiliki legalitas tentunya akan mencantumkan kontak yang dapat dihubungi. Pastikan terdapat kontak yang jelas tentang bagaimana menghubungi pihak website. Selain itu pelayanan terhadap pelanggan pun disediakan dengan baik dan tidak ada pelayanan yang terkesan memaksakan. Jika kedua hal tersebut anda rasakan dimiliki oleh web tersebut anda dapat sedikit percaya pada web tersebut.
Baca juga Cara membuat website gratis

5. Konten Website

Perhatikan konten atau isi website tersebut secara keseluruhan, dan pastikan tidak ada yang terlihat janggal. Pastikan juga testimoni yang ada pada website merupakan tesetimoni asli, karena bisa saja pemilik website berusaha mengelabuhi kita dengan testimoni yang terkesan terlalu dibuat – buat. Jika terlihat ada yang aneh atau janggal anda lihat lagi keempat ciri sebelumnya. Jika anda ragu – ragu sebaiknya urungkan keinginan anda bertransaksi di website tersebut.

Untuk mengetahui legalitas sebuah website, baik itu website undian, toko online ataupun yang lainnya anda perlu cermat sebelum melakukan transaksi. Jangan sampai anda terpengaruh dengan janji yang diberikan, harga yang sangat murah, hadiah atau lain sebagainya sehingga anda nantinya yang akan mengalami kerugian.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara Mengetahui Website Palsu / Penipuan dari Ciri – cirinya, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengetahui Website Palsu / Penipuan dari Ciri – cirinya"

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts