Perasamaan dan Perbedaan Pengertian Internet dan Intranet

Perasamaan dan Perbedaan Pengertian Internet dan Intranet | Perkembangan teknologi informasi dimasa kini sangat mempengaruhi pola hidup masayarakat yang ada. Tidak hanya di kota – kota besar bahkan hingga di daerah terpencil pun telah terpengaruhi dengan perkembangan teknologi informasi ini. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang paling pesat adalah teknologi telekomunikasi dan jaringan.

Kebutuhan akan komunikasi dan kemudahan akses menjadikan menjadikan setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan teknologi jaringan yang telah ada. Salah satunya yang sangat familiar yaitu internet, tentunya kata internet telah sangat sering anda dengar dan anda gunakan. Tapi bagaimana dengan intreanet?, saya rasa masih banyak yang belum mengetahui pengertian serta persamaan dan perbedaan dari kedua jenis jaringan tersebut.
Lihat juga perbedaan laptop, notebook dan netbook

Oleh karena itu berikut adalah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian serta persamaan dan perbedaan dari internet dan intranet

Perasamaan dan Perbedaan Pengertian Internet dan Intranet
Perasamaan dan Perbedaan Internet dan Intranet

1. Internet

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Internet merupakan jaringan komputer yang saling berhubungan antar satu komputer dengan komputer yang lain melalui protocol international sehingga dapat berinteraksi, bertukar informasi. Protokol yang digunakan yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite) yang mana ruang lingkup jaringan ini tidak terbatas dan sangat luas, sehingga setiap orang diseluruh dunia dapat mengakses jaringan ini.

Karakteristik yang membedakan jaringan internet dengan intranet:

- Jaringannya sangat luas
- Memiliki user yang sangat banyak/ tak terbatas
- Dapat diakses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun
- Digunakan untuk mengakses berbagai jenis file (grafik, teks, video, audio dll)
- Memiliki perkembangan yang sangat pesat

2. Intranet

Intranet merupakan jaringan pribadi yang umumnya dimiliki organisasi atau perusahaan tertentu, dengan menggunakan protocol internet untuk dapat berbagi informasi dalam lingkup yang kecil dan penggunaan yang terbatas, contoh penggunaan intranet yaitu penggunaan LAN d di perkantoran, lab dll. Komponen untuk membangun jaringan intranet yaitu TCP/IP, Server/ client dan Ip address.
Karakteristik yang membedakan jaringan intranet dengan internet:

- Jaringan yang terbatas (kecil/sempit)
- Memiliki user yang terbatas (tertentu)
- Akses terbatas wilayah, waktu, dan hanya komputer tertentu yang dapat mengaksesnya
- Digunakan untuk bertukas informasi dan hal penting berhubungan dengan organisasi/ perusahaan tersebut
- Perkembangan yang relatif lambat

Dari pengertian serta perbedaan yang telah saya paparkan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa persamaan antara jaringan internet dan intranet adalah:

- Merupakan sebuah jaringan untuk bertukar informasi
- Menggunakan perangkat komputer
- Memerlukan alat pengirim dan penerima
- Media untuk komunikasi dan penyimpanan data
- Terjadi hubungan antar perangkat komputer

Demikian penjelasan dari saya ssemoga dengan artikel ini anda mendapatkan sedikit gambaran dan pengetahuan mengenai Perasamaan dan Perbedaan Pengertian Internet dan Intranet.

0 Response to "Perasamaan dan Perbedaan Pengertian Internet dan Intranet"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu