Pengertian Norma Agama, Hukum dan Adat Istiadat

Pengertian Norma Agama, Hukum dan Adat Istiadat - Pengertian norma agama adalah norma yang berisi tentang perintah serta larangan Tuhan kepada ummat-Nya. Norma agama merupakan norma yang paling dasar, karena norma ini sudah mengikuti atau mengikat seseorang sejak di dalam kandungan. Didalam norma agama ada petunjuk dari Tuhan tentang bagaimana menjalani hidup yang baik sesuai perintah-Nya. Jadi pada dasarnya didalam norma agama berisi tentang peraturan hidup yang merupakan perintah, larangan, anjuran, dari Tuhan YME. Norma agama biasanya tertuang didalam sebuah kitab yang berisi tentang peraturan Tuhan.

Norma agama dipandang sebagai penuntun hidup kejalan yang benar. Norma ini bersifat unversal, semua orang dibelahan bumi yang memiliki agama akan merasakan peraturan yang sama. Jadi semua orang dapat merasakan peraturan yang sama dan juga merasakan efek yang sama. Pelanggaran norma ini akan mendapatkan sanksi dosa siksa setelah mati nanti.

Contoh norma agama yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya:

· Beribadah Setiap manusia yang menganut suatu agama tertentu dia wajib menjalankan ibadah sesuai perintah Tuhan di agama masing-masing, misalnya: seorang penganut agama islam beribadah atau solat di masjid, seorang penganut agama kristen beribadah di gereja dan percaya akan Tuhan Yesus, seorang penganut agama hindu beribadah di pura serta membawa sesembahan, seorang penganut agama budha beribadah di wihara dan percaya akan dewanya.

· Membantu orang lainSsebagai manusia kita tidak dapat hidup seorang diri, karena kita manusia adalah makhluk sosial yang mau tidak mau pasti akan saling membutuhkan bantuan , maka dari itu wajib membantu sesamanya. Orang yang sering membantu orang lain akan dicatat amalnya sebagai pahala yang nantinya akan mendapatkan kehidupan yang bahagia di akhirat nanti. Namun tidak hanya kebahagiaan di akhirat, apabila kita selalu berbuat baik, kita akan mendapatkan efek positif yang berimbas saat dia hidup di dunia.

· Dilarang membunuh, merampok, dan mencuri
Kita merupakan makhluk yang saling bergantung, maka dari itu kita sebagai manusia tidak boleh menyakiti orang lain, seperti membunuh, merampok, mencuri dan masih banyak lagi. Perbuatan ini bila dilakukan akan mendapat dosa dan siksa saat meninggal nanti.

· Dilarang mabuk-mabukan
Dalam menjalankan norma agama, seseorang harus memiliki kesadaran yang penuh. Maka dari itu seseorang dilarang keras minum-minuman keras. Karena miras dapat memabukkan yang membuat orang hilang kesadarannya.

Pengertian norma hukum

Pengertian norma hukum adalah norma yang yang sangat berkuasa dan memaksa. Keberadaan norma hukum mau tidak mau harus diterima keberadaannya. Norma hukum dibuat oleh negara dan dipertahankan oleh instansi-instansi hukum negara. Norma hukum berisi tentang larang-larangan serta kewajiban-kewajiban warga negara suatu negara yang biasanya termuat dalam undang-undang. Norma hukum memiliki peran yang sangat penting dalam manjaga ketertiban hidup serta ketertiban norma-norma lain yang ada di masyarakat. Norma hukum berisi tentang hal yang menjadi kewajiban dan hak seorang warga negara. Saat seseorang sadar akan kewajiban dan haknya tentunya akan tercipta kehidupan yang tentram dan aman.

Pengertian Norma adat-istiadat

Pengertian Norma adat-istiadat adalah norma yang didapatkan secara turun temurun mulai dari nenek moyang. Norma ini dijaga keberadaannya agar tradisi leluhur tidak hilang. Norma adat hanya berlaku pada suatu daerah, jadi setiap daerah memiliki norma adat istiadat yang berbeda-beda. Sanksi di dalam norma adat istiadat di tentukan oleh kelompok itu sendiri. Contoh norma ini misalnya: larangan menikah dengan marga yang sama pada masyarakat batak.

0 Response to "Pengertian Norma Agama, Hukum dan Adat Istiadat"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu