Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Jaringan komputer yakni dimana terdapat satu atau lebih komputer yang saling terhubung dengan komputer lainnya, menggunakan beberapa perangkat keras yang dihubungkan dengan tujuan agar komputer yang satu dan yang lainnya saling tersambung sehingga dapat berkomunikasi.

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Langsung saja kita bahas mengenenai jenis perangkat pada jaringan komputer.

1. Komputer Server

Pada umumnya komputer server memiliki sebuah sistem operasi, aplikasi serta database yang berguna untuk menyediakan layanan kepada komputer client yang masih dalam satu jaringan.

Database yang terdapat pada komputer server biasanya berisi data yang biasa digunakan secara bersama-sama oleh para komputer client, biasanya pada sebuah jaringan yang cukup besar, dimana data yang harus diolah oleh server cukup besar.

Server database biasanya dibuat secara terpisah, apa bila dihubungkan dengan jaringan internet, maka komputer server akan berfungsi sebagai gateway agar komputer client dapat mengakses internet.

Perangkat Jaringan Komputer
Perangkat Jaringan Komputer

2. Komputer Client

Komputer client merupakan sebuah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan komputer yang biasanya digunakan untuk mengakses data serta informasi. Komputer client akan menerima layanan koneksi pada internet, layanan data serta informasi, ataupun layanan koneksi serta komunikasi dengan komputer client yang lainnya.

Biasanya jumlah dari komputer client yang terdapat dalam sebuah jaringan dapat mencapai puluhan hingga ratusan komputer client yang saling terhubung satu dan lainnya.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
3. Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau yang biasa disebut dengan LAN Card merupakan sebuah perangkat keras yang biasanya terpasang pada motherboard komputer yang terdapat pada sebuah jaringan, baik itu server ataupun client.

Sekarang ini beberapa motherboard sudah dilengkapi dengan LAN Card, sehingga pengguna tidak perlu lagi untuk membeli secara terpisah, dengan menggunakan kartu jaringan memungkinkan anda dapat berkomunikasi serta bertukar data.
Untuk info lengkap silahkan lihat Jenis - jenis jaringan beserta manfaatnya

4. Hub

Fungsi dari hub ialah untuk membagi sinyal data dari LAN Card, selain itu hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Dengan menggunakan hub dapat memungkinkan sebuah kabel dari komputer server terhubung pada beberapa komputer client.

5. Kabel Serta Konektor

Kabel serta konektor dalam suatu jaringan LAN memiliki fungsi sebagai penghubung satu komputer dengan komputer yang lainnya. Terdapat beberapa jenis kabel yang sangat sering digunakan dalam sebuah jaringan.

Kabel STP
Kabel Coaxial
Kabel FO (Fiber Optic)
Kabel UTP

6. Repeater 

Fungsi dari repeater adalah sebagai penguat sinyal, apabila jarak antara komputer satu dengan yang lain terlampau jauh, jika jarak sudah terlalu jauh yang akan terjadi adalah sinyal yang dikirim manjadi lemah, untuk menguatkan sinyal tersebut maka digunakanlah repeater.
Baca juga Tips mengatasi laptop lemot

7. Bridge

Bridge merupakan sebuah perangkat yang biasa sipakai untuk menghubungkan suatu jaringan LAN pada jaringan yang lainnya. Dengan menggunakan bridge maka sebuah jaringan besar, terbentuk karena gabungan dari beberapa jaringan.

Terimaksih sudah bersedia berkunjung ke website saya, semoga artikel ini bermanfaat serta menambah wawasan untuk anda mengenai perangkat jaringan komputer.

0 Response to "Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya"

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts