Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil pada Manusia

Sistem peredaran darah besar dan kecil pada manusia - sistem peredarah darah pada manusia melibatkan beberapa komponen yang memiliki peranan penting, komponen tersebut diantaranya darah, pembuluh darah dan jantung. Sistem peredaran darah pada manusia dibagi menjadi dua, yaitu sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil, kedua sistem ini sama-sama memiliki peranan penting yang dapat membuat tubuh bertahan hidup. sistem peredaran darah besar dimulai dari bilk kiri yang mengeluarkan darah beroksigen utuk dialirkan ke oarta menuju arteri dan akhirnya akan kembali ke jantung melalui pembuluh vena dengan membawa darah berkarbondioksida. Sedangkan sistem peredaran darah kecil dimulai dari bilk kanan pada jantung yang akan mengalirkan darah menuju paru-paru kembali lagi ke jantung bagian serambi kiri.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan lebih rinci tentang sistem peredaran darah besar dan kecil pada manusia, berikut penjelasannya:

1. Sistem peredaran darah besar

sistem peredaran darah besar berawal dari jantung bagian bilik kiri yang mengeluarkan darah yang mengandung oksigen untuk diberikan pada oarta. Oarta akan mengalirkan darah ke arteri bagian atas dan arteri bagian bawah. Pada proses ini jantung akan memompa lebih kuat untuk memberi tekanan lebih pada darah, tekanan ini di bantu oleh denyutan otot arteri yang terjadi di sepanjang perjalanan darah pada saluran ini. Setelah darah melakukan tugasnya mendistribusikan oksigen pada organ-organ di dalam tubuh dengan baik, darah akan memasuki arteriol untuk menuju pambuluh kapiler. Baca: Fungsi Sistem Peredaran Darah 

Pada pembuluh kapiler darah yang mengadung oksigen ini akan bertuka dengan darah yang mengandung karbondioksida, selanjutnya darah masuk ke saluran venul dan akanmengalir pada vena. Vena bagian bawah dan vena bagian atas akan bertemu di vena cava untuk memasuki serambi kanan dan melanjutkan perjalanan menuju bilik kanan dengan melewati katup trikuspid, sedangkan karbon dioksida dari sel menyebar dalam darah. Ini pertukaran gas berlangsung dengan bantuan kapiler kecil yang mengelilingi sel-sel tubuh.

2. Sistem peredaran darah kecil

sistem peredaran darah kecil perjalanannya berawal dari bilik kanan jantung, bilik kanan akan mengeluarkan darah melewati arteri pulmonal yang memiliki cabang bernama arteriol, pembulih arteriol ini merupakan penghubung antara arteri pulmonan denga pembuluh kapiler pada paru-paru. Darah mengalir melewati pembuluh ini menuju jantung, sesampainya di jantung, jantung akan mengeluarkan karbondoksida dalam bentuk udara dan menghirup kembali udara yang mengandung oksigen. Oksigen yang dihirup oleh paru-paru akan dibawa ke vena pulmonal untuk di alirka ke serambi kiri dan akan menuju bikik kiri dengan melewati katup bikuspid, untuk menjalani kembali sistem peredaran darah besar. Baca: Proses Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia dapat di sebut juga dengan sebutan sistem peredaran ganda, hal ini karena adanya dua macam peredaran darah yang telah dijelaskan di atas.

0 Response to "Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil pada Manusia"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu