Pengertian Fungsi Jenis Modem yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Fungsi Jenis Modem | Teknologi yang semakin hari semakin maju membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah, terlebih lagi karena adanya internet sehingga segala bentuk informasi dari segala penjuru dunia dapat diakses dengan lebih cepat dan mudah.

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengakses internet adalah sebuah alat mungil yang dikenal dengan nama Modem. Bagi anda yang mungkin hingga saat ini belum terlalu mengenal apa itu modem, maka berikut ini ada ulasan singkat mengenai pengertian, fungsi, jenis modem yang perlu anda ketahui :

Pengertian Modem


yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Seperti yang sudah sempat disinggung diatas, modem adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Bila dilihat dari arti bahasanya, Modem merupakan singkatan Modulator Demodulator.

Modulator berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sementara itu Demodulator berfungsi sebagai pemisah sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga membuat informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Jadi, kesimpulannya, modem adalah sebuah perangkat keras yang menggabungkan 2 bagian tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai alat komunikasi 2 arah.


Fungsi Modem


Fungsi dasar modem, sebenarnya sebagai alat komunikasi 2 arah yang mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog begitupun sebaliknya agar data dapat terkirim ke alamat yang dituju.

Selain itu, modem juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam hal ini komputer/laptop dengan suatu jaringan. Bukan hanya itu saja, Modem juga berfungsi sebagai pengkompress data yang dikirim lewat sinyal.
Baca juga Cara mempercepat koneksi internet yang baik

Jenis-Jenis Modem

Pengertian Fungsi Jenis Modem
Jenis - Jenis Modem

Bila dibedakan berdasarkan jenisnya, ada 6 jenis modem yang perlu anda ketahui, diantaranya seperti

  • Modem ISDN
Modem ISDN adalah jenis modem yang bekerja pada Integrated Services Digital Network yaitu sebuah sistem telekomunikasi yang terdiri dari suatu layanan data, suara, serta gambar dan kemudian diintegrasikan ke dalam jaringan, sehingga mampu menyediakan sebuah konektivitas digital yang menunjang ruang lingkup pelayanan yang cukup luas.

Bila menggunakan modem ISDN ini  maka anda akan cenderung lebih menghemat biaya, pasalnya, biaya yang digunakan untuk sistem terintegrasi dengan menggunakan modem tersebut jauh lebih.
  • Modem GSM
Modem GSM ini menggunakan telepon seluler untuk dijadikan sebagai sistem transfer data. Modem GSM ini lebih praktis karena dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi ponsel dari berbagai provider apapun dengan catatan kartu tersebut bersifat GSM.
  • Modem Analog
Modem ini mampu mengubah sinyal yang awalnya masih berupa sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem ADS
Modem ADSL dapat memungkinkan penggunanya mengakses internet berbarengan dengan menggunakan telepon analog.  Jenis modem yang merupakan singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line termasuk cukup mudah digunakan, meskipun tidak sepraktis modem GSM yang dapat mudah dibawa kemana-mana.

Bila ingin menggunakan modem ADSL maka anda membutuhkan alat yang dikenal dengan nama Splitter yang berguna sebagai pembagi line. Posisi Splitter harus ditempatkan di depan pada saat line telepon masuk, sehingga pengguna modem tersebut dapat menggunakan telepon dan tetap terkoneksi secara bersamaan dengan internet.

Artikel terkait:
Pengertian dan macam - macam topologi jaringan
Perbedaan laptop, notebook dan netbook yang jarang diketahui
Perbedaan dan pengertian GSM dan CDMA
  • Modem Kabel
Jenis modem ini mampu menerima data langsung dari sebuah penyedia layanan lewat TV Kabel.
  • Modem CDMA
Modem CDMA menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Namun, saat ini kebanyakan modem CDMA menggunakan frekuensi EVDO Rev-A yang kecepatan aksesnya hampir sama seperti 3G dan juga ada teknologi CDMA terbaru lainnya yaitu, EVDO Rev-B.


Itulah pengertian, fungsi, jenis modem yang perlu anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi tersebut anda dapat dapat lebih memahami mengenai cara kerja dan beragam jenis pilihan modem yang ada di pasaran.

0 Response to "Pengertian Fungsi Jenis Modem yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu