Cara Lengkap Mengatasi Lupa Password Windows 7 dan 8

Di zaman yang serba digital seperti ini, hampir semua hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget membutuhkan password untuk membukanya.

Hal tersebut sebenarnya bertujuan baik, sebab privasi masing-masing pengguna gadget akan lebih terjamin.

Namun, akan menjadi masalah apabila pengguna tersebut termasuk orang pelupa sehingga terkadang atau bahkan seringkali ia lupa akan password atau kata sandi yang dimilikinya, termasuk password Windows pada laptopnya.

Bila anda termasuk orang yang seperti itu, maka berikut ini ada beberapa trik mudah dalam cara mengatasi lupa password Windows yang perlu anda ketahui, sehingga nantinya anda tidak perlu panik lagi bila tiba-tiba lupa akan password Windows yang anda pakai:

• Cara mengatasi lupa password pada Windows 7


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyalakan komputer/laptop, lalu sesaat setelah tampilan awal, segera tekan F8, kemudian pilih Safe Mode. Setelah masuk ke Safe Mode, maka anda dapat menghapus password. Caranya adalah dengan masuk ke Start > Control Panels > User Accounts kemudian Remove Pasword.

Setelah password terhapus maka anda dapat merestart komputer/laptop dan menggunakannya tanpa perlu repot mengingat password lagi setiap kali akan menggunakan komputer/laptop tersebut


• Cara mengatasi lupa password pada Windows 8

cara mengatasi windows lupa password
Lupa Password

Bila anda menggunakan software Windows 8 maka ada 3 cara yang dapat lakukan untuk mengatasi masalah lupa password.

1. Manfaatkan Password Hint

Bila Windows 8 yang anda gunakan tak mau menerima password yang telah anda masukkan, maka anda tak perlu terlalu khawatir, sebab anda dapat memanfaatkan password hint.

Ketika anda memasukkan password, maka setelah anda mengisi kolom password sebaiknya sebelum menekan “Enter” anda perlu membaca terlebih dahulu petunjuk tersebut.

Password Hint akan muncul dengan catatan, pada saat anda pertama kali membuat password Windows 8, anda telah mengisi kolom password hint agar hal tersebut dapat memudahkan anda untuk mendapatkan kembali password Windows 8 anda.

2. Reset Password

Jika password hint yang sudah coba anda gunakan tetap tidak membantu, maka lakukan reset password. Namun, dengan catatan password yang anda gunakan untuk membuka Windows pada komputer/laptop tersebut telah terintegrasi dengan akun Microsoft.

Bila password anda memang sudah dapat memastikan bahwa password yang anda miliki telah terintegrasi ke akun Microsoft maka  dengan menggunakan komputer/laptop lain, anda dapat mengunjungi alamat website ini https://account.live.com/ResetPassword.aspx

Kemudian ikuti saja setiap instruksi yang ada pada laman tersebut sehingga anda dapat mereset password lama dan menggantinya dengan yang baru. Bila sudah selesai, coba login kembali ke komputer/laptop anda dengan menggunakan password yang baru.

Jika memutuskan untuk menggunakan cara ini maka jangan lupa pula untuk memastikan komputer anda untuk terkoneksi dengan internet supaya sistem dapat langsung melakukan sinkronisasi terhadap password Windows yang telah anda ubah tadi.

3. Lewati kolom pengisian password

Bila tak ingin repot setiap kali dihadapkan dengan password ketika akan menggunakan komputer/laptop anda, maka sebaiknya anda tak perlu menggunakan password, dengan resiko komputer/laptop anda dapat mudah digunakan oleh siapa saja.

Untuk melewati kolom pengisian password, anda perlu masuk ke Command Prompt sebagai Administrator dengan cara :

Tekan tombol logo Windows sekaligus dengan huruf X
Kemudian pilih Command Prompt (Admin)
Setelah itu, maka akan muncul sebuah kotak dialog Command Prompt
Selanjutnya, ketik control userpasswords2
Lalu, tekan Enter
Setelah Enter ditekan maka, jendela User Accounts akan muncul
Kemudian hapus tanda centang (v) yang ada pada “user must enter a username and password to use this computer”
Selanjutnya arahkan kursor ke username anda
Lalu klik OK
Setelah itu akan tampil jendela baru lagi
Isikan username dan password pada jendela baru tersebut
Akhiri dengan Save

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, maka kini anda tak perlu lagi memasukkan password pada layar login ketika ingin menggunakan komputer/laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi lupa password atau kata sandi baik pada Windows 7 ataupun Windows 8. Semoga dengan membaca artikel ini, kini anda tak perlu panik ketika tiba-tiba lupa dengan password Windows yang telah anda simpan untuk log in ke komputer/laptop anda.

0 Response to "Cara Lengkap Mengatasi Lupa Password Windows 7 dan 8"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu