Tips Merawat Layar Touchscreen Smartphone Android

Kegunaan dari layar pada Smartphone Android sangat vital sekali, ini dikarenakan semua pengoprasian pada Android dilakukan pada layar-nya.

Jika layar pada ponsel Android anda mengalami kerusakan atau sudah tidak lagi mulus tentunya dapat mengganggu dalam pengoprasian Smartphone anda.

Nah oleh sebab itu menjaga serta merawat layar sentuh pada ponsel Android dirasa memanglah sangat penting, tidak banyak orang yang memerhatikan kondisi layar sentuh pada ponsel pintar yang digunakan.

Padahal fungsi dari layar sentuh pada Smartphone sangat penting sekali, terdapat sebuah perangkat yang wajib dipakai guna memberi perlindungan terhadap layar sentuh Smartphone yakni Gorilla Glass.

Smartphone sekarang ini rata-rata sudah dilengkapi dengan pelindung layar, tetapi untuk Smartphone model jadul tidak semuanya menggunakan Gorilla Glass ini.

Untuk melindungi layar dari gesekan atau goresan dan menjaga supaya kondisi layar sentuh pada Smartphone anda tetap terjaga, pada artikel ini penulis akan berbagi tips merawat layar touchscreen pada Smartphone Android.

Tips Merawat Layar Android
Merawat Layar Android

Beberapa Tips Merawat Layar Touchscreen Smartphone Android  


1. Mejaga kebersihan dari layar Smartphone

Untuk menjaga kebersihan layar pada Smartphone tidak lah membutuhkan perhatian khusus hal ini dikarenakan dapat dilakukan sendiri, terlebih jika memiliki waktu luang. Yang penting adalah untuk selalu mengecek kebersihan dari layar Smartphone dan melakukan pembersihan secara berkala.

Karena ketika dibawa saat beraktifitas pastinya layar pada Smartphone akan terkena debu atau kotoran lain yang dapat menempel di layar Smartphone anda.Jika hal ini didiamkan pada waktu yang cukup lama, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat Smartphone anda, bisa terjadi karena partikel-partikel debu dapat menyusup masuk melalui lubang-lubang yang terdapat dari Smartphone anda.

Oleh karenanya untuk menghindari hal yang sangat vatal maka anda sangat dianjurkan membersihkan layar Smartphone anda secara berkala dan selalu rutin.
Baca juga Cara merawat layar pada laptop

2. Hindari menggunakan kuku ketika mengoprasikan Smartphone

Hal yang satu ini sangat sepele sekali, tetapi jika tidak benar-benar diperhatikan maka akan dapat merusak layar sentuh pada Smartphone, kebiasaan buruk menekan layar menggunakan kuku haruslah dihindarkan karena kuku sendiri memiliki tekstur yang keras oleh sebab itu menekan layar menggunakan kuku sangat tidak disarankan.

3. Tidak melakukan penekanan pada layar terlalu keras

Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan perangkat LCD yang terpasang di Samrtphone anda, kebiasaan buruk ini sebenarnya sangat sering dilakukan baik secara sadar atau tidak sadar.

Biasanya orang-orang akan melakukan hal demikian ketika asyik memainkan sebuah permainan game pada Smartphone, sehingga lupa jika perangkat yang digunakan rentan sekali terhadap tekanan yang berlebihan karena itu tadi dapat merusak perangkat LCD pada layar sentuh.

4. Mematikan layar sentuh ketika tidak dioperasikan

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Tidak sedikit pengguna Smartphone yang kurang memerhatikan pada poin no 4 ini, jika layar selalu aktif disaat tidak lagi gunakan dapat menyebabkan dampak negatif bagi Smartphone, diantaranya dapat mengurangi kecerahan warna pada Smartphone, dapat mengurangi emisi cahaya yang dikeluarkan.

Jika layar pada Samrtphone anda warnanya sudah agak berkurang tentu anda sendiri yang merasakan ruginya bukan.

5. Selalu hindari terpaan sinar matahari secara langsung

Hal ini sangat penting sekali bukan hanya menjaga layar pada Smartphone tetapi menjaga perangkatnya terhindar dari kerusaka. Kontak secara langsung dari cahaya matahari ke layar Smartphone bisa mengakibatkan rusaknya perangkat layar sentuh pada Smartphone tersebut.

Bukan hanya itu saja, jika layar terkena paparan sinar matahari langsung dampaknya mengurangi kualitas dari LCD yang digunakan hal itu terjadi karena gel yang terdapat pada layar sentuh menglami trouble dan berpotensi mengurangi kenerja dari LCD pada layar sentuh.

6. Hindari berdekatan dengan medan magnet

Medan magnet sendiri biasanya terdapat pada barang-barang  elektronik tertentu, oleh karena itu disaat anda meletakkan atau menyimpan Smartphone anda tidak berdekatan dengan barang elektronik yang terdapat medan magnet di dalamnya.

Hal yang dapat terjadi jika Smartphone anda berada dekat dengan medan magnet ialah akan mengurangi sensitivitas kerja dari layar sentuh pada Smartphone, namun jika hal ini terus terjadi maka kemungkinan terburuk adalah layar sentuh pada Smartphone anda tidak berfungsi sama sekali.

Itulah mengapa sebagai pengguna Smartphone yang bijak kita harus selalu memperhatikan dan menjaga layar sentuh pada Smartphone kita, karena fungsi dari layar sentuh itu sangat penting sekali sebagai saran pengoprasian perangkat Android. Jika layar sentuh pada smarthphone android telah rusak atau macet, coba lakukan Cara memperbaiki layar sentuh android berikut.

Sekian pembahasan kali ini mengenai tips merawat layar touchscreen pada Smartphone Andoid.

0 Response to "Tips Merawat Layar Touchscreen Smartphone Android "

Post a Comment

Recent

Comment

Category

Follow Me

Menu

Popular Posts