Cara Cek Keaslian Android Apakah Asli/ Tiruan

Saat membeli android di tempat-tempat tertentu yang bukan tempat resmi merk smartphone android tersebut, salah satu hal yang kita khwatirkan adalah keaslian ponsel tersebut. Saat ini sangat banyak beredar smartphone android palsu atau tiruan yang cukup sulit dibedakan dari luarnya.

Apalagi jika anda membeli android bekas dari orang yang anda kenal dengan harga yang sangat murah, bisa saja hanya tampilan luarnya saja yang asli. Maka dari itu anda perlu lebih waspada dan teliti dalam membeli ponsel android.

Beberapa Cara Cek Keaslian Android


Nah, berikut ini kami berikan beberapa tips dan cara yang dapat anda gunakan untuk memastikan keaslian sebuah android.

1. Memeriksa nomor IMEI

Hal pertama yang anda bisa lakukan untuk memeriksa keaslian sebuah ponsel yaitu memeriksa nomor IMEI-nya. IMEI layaknya No KTP yang merupakan nomor identitas unik atau tidak ada yang sama.

Cara memeriksanya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengetika kode *#06# pada hanphone anda (aplikasi telepon), maka akan muncul nomor IMEI yang merupakan kombinasi angka dan huruf. Jika tidak keluar maka ada kemungkinan besar bahwa ponsel tersebut adalah palsu.
Lihat juga Cara melaporkan sms dan telepon penipuan

Setelah anda mendapatkan no IMEI ponsel android anda, kemudian anda dapat melihat spesifikasi android anda di www.imei.info , caranya dengan memasukan no IMEI pada kolom yang disediakan dan klik “Check”.

Cek keaslian android dengan IMEI
Cek IMEI Online
Setelah keluar spesifikasi lengkap android anda, selanjutnya anda dapat membandingkan dengan yang ada pada kotak kemasan, situs resmi ponsel anda, gsmarena dsb

2. Melalui AnTuTu Benchmark

Cek keaslian android dengan antutu
Antutu Benchmark
Untuk melakukan cara ini, sebelumnya anda perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu yang dapat anda dapatkan di Play Store.  Ada beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini, beberapa diantaranya yang dapat anda jadikan acuan untuk cek keaslian yaitu “System Info” dan “Authenticated”.

Jika pada AnTuTu Benchmark andoid anda terdeteksi sebagai “Unknown Device” maka dapat dipastikan kemungkinan besar ponsel anda merupakan ponsel tiruan atau replika. Jika AnTuTu menampilkan spesifikasi lengkap. Anda dapat membandingkannya pula dengan hasil IMEI, kotak kemasan atau media-media lainnya.
Baca juga Cara mengetahui website palsu atau penipuan

3. Performa dan Hasil Kamera

Umumnya ponsel palsu atau tiruan tidak akan memiliki performa seperti bagaimana seharusnya. Mulai dari proses loading dan pemrosesan data hingga hal simple kecepatan daam menginstall aplikasi.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Misalkan ponsel tersebut memiliki RAM 2 GB tapi performanya sangat lambat dan seperti ponsel dengan RAM 500MB. Maka anda patut curiga dengan keaslian android anda tersebut. Selain itu hasil kamera juga dapat dijadikan indikator, mulai dari kualitas foto hingga ukuran data foto yang terlalu kecil jika dilihat dari spesifikasi kameranya.

4. Menggunakan Website apps.opera.com

Cara yang keempat ini sangat simple, anda hanya perlu mengunjungi apps.opera.com melalui android yang ingin anda periksa keasliannya. Kemudian pada bagian bawah tampilan web akan menampilkan teks seperti “Your device is Android generic Generic Android 4.0” (4.0 bisa berbeda tergantung jenis android anda.

Tetapi bila ponsel android anda tiruan atau palsu maka website apps.opera.com akan menampilkan “Your device is Android generic Generic Android” tanpa seri angka seperti diatas.

Selain menggunakan cara-cara diatas tentunya anda juga perlu teliti melihat fisik android. Mulai dari segel pada kotak hingga keadaan handphone android tersebut. Beberapa hal yang bisa menjadi acuan seperti kejernihan layar, warna dan bahan casing serta hal-hal lainnya.



0 Response to "Cara Cek Keaslian Android Apakah Asli/ Tiruan"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu