Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar (Game dan Video)

Anda mungkin pernah melihat seseorang mengetik dengan sepuluh jari di Televisi atau bahkan disekitar anda, dan anda merasa takjub saat melihatnya. Melihat orang dapat melakukan hal tersebut membuat anda tertarik dan ingin berusaha mempelajarinya.

Banyak orang hanya menggunakan sebagian kecil dari jari yang dimilikinya untuk mengetik, jari yang umum digunakan yaitu jari telunjuk , tengah dan jempol saja yang sering kita sebut dengan mengetik sebelas jari. Padahal dengan memanfaatkan kesepuluh jari yang kita miliki akan memaksimalkan kecepatan mengetik kita.

Selain itu dengan mengetik menggunakan 10 jari dapat meminimalkan rasa lelah atau pegal pada lengan kita karena tidak perlu banyak berpindah. Saat mencoba mengetik menggunakan 10 jari yang anda rasakan pasti sangat merepotkan.
Lihat juga Cara menyimpan halaman web untuk dibaca offline

Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh kebiasaan, yang mana sebagian besar dari kita telah terbiasa mengetik secara bebas tanpa memperhatikan cara mengetik yang benar. Sehingga saat mulai mempelajari mengetik dengan aturan tertentu akan membuat kita kesusahan.

Mengetik dengan 10 Jari yang Benar


Untuk mengetik dengan 10 jari yang benar, pada dasarnya hal yang perlu diperhatikan adalah posisi jari anda. Walau ini bukanlah sesuatu yang wajib karena mengingat tujuan mengetik 10 jari yaitu kemudahan dan kecepatan. Akan tetapi berikut ini adalah posisi umum yang telah terbukti dan dianggap paling efektif jika ingin menggunakan sepuluh jari anda untuk mengetik
Cara Mengetik 10 Jari yang benar
Posisi Jari saat Mengetik yang Benar

1. Posisi jari pada tangan kanan

 Jempol : Space /  Spasi. Gunakan jempol kanan saat jari yang terakhir kali mengetik atau menekan tombol berasal dari tangan kiri
 Telunjuk : 6, 7, Y, U, H, J, N dan M
 Jari tengah : 8, I, K,  dan koma(,)
 Jari manis : 9, O, L, dan titik (.)
 Kelingking : kelingking kanan untuk semua tombol yang ada disebelah kanan selain yang telah disebutkan untuk jari lainnya diatas.

2. Posisi jari pada tangan kanan

 Jempol : Space /  Spasi. Gunakan jempol kiri saat jari yang terakhir kali mengetik atau menekan tombol berasal dari tangan kanan
 Telunjuk : 5, 4, T, R, G, F, B, dan V
 Jari tengah : 3, E, D dan C
 Jari manis : 2, W, S dan X
 Kelingking : kelingking kiri untuk semua tombol yang ada disebelah kiri selain yang telah disebutkan untuk jari lainnya diatas.


Bagaimana Cara Belajar Mengetik 10 Jari yang Mudah?


Untuk belajar mengetik 10 jari secara cepat dan benar, hal yang paling penting adalah praktek dan latihan. Karena dengan terbiasa akan meningkatkan respon otak anda sehingga anda dapat mengetik dengan mudah tanpa perlu lagi memikirkan posisinya karena telah terbiasa tadi.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Anda dapat belajar mengetik 10 jari dengan memanfaatkan bayak media yang ada, beberapa media yang terbukti sangat mudah diserap oleh manusia yaitu video dan game. Anda dapat mencari video yang menjelaskan cara mengetik 10 jari sambil mempraktekannya dengan keyboard laptop atau komputer anda.

Berikut adalah salah satu contoh video dari Howcast.com yang dapat anda jadikan bahan



Untuk aplikasi, saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan Rapid typing karena menurut saya sangat interaktif dan mudah digunakan. Yang mana anda dapat memulai dari kelas basic hingga expert dengan aplikasi ini.
Baca juga Trik membuat titik-titik daftar isi secara cepat otomatis

Dengan aplikasi game ini anda juga akan sekaligus dilatih mengetik dengan cepat tanpa meihat keyboard anda. Berikut adalah sekilas tampilannya

Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat
Rapid Typing

Selain aplikasi dan video anda juga dapat belajar melalui website atau situs mengetik online seperti typing.com. Jika anda telah menghapal posisi jari saat mengetik yang benar hal yang paling penting tentunya adalah latihan dan dibiasakan. Jadi mulailah mengetik dengan 10 jari saat membuat artikel, puisi, atau saat mengerjakan tugas kerja atau sekolah anda.

0 Response to "Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar (Game dan Video)"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu