Pengertian Server dan Client Pada Jaringan Komputer

Pengertian Server dan Client Pada Jaringan Komputer – Client dan Server saling berkaitan dan terhubung antara satu sama lain dalam sebuah jaringan. Hubungan keduanya secara singkat dapat dikatakan sebagai penyedia layanan dan pelanggan atau peminta layanan.

Client


Client yang memiliki arti Pelanggan/ Customer/ Klien dan sebagainya, merupakan sebuah komputer atau perangkat yang meminta atau menerima layanan terhadap sever, dengan kata lain client adalah komputer yang menggunakan berbagai macam sumber daya yang diterima dari sever.
Lihat juga Cara-cara menghubungkan komputer ke jaringan internet

Server


Server memiliki arti Pelayan atau Penyedia, merupakan sebuah komputer atau perangkat yang melayani permintaan yang dilakukan Client. Komputer Server umumnya memiliki spesifikasi dan kerja yang lebih besar dari komputer Client.

Oleh sebab itu komputer Server biasanya didukung dengan processor yang berscala besar dan RAM yang memiliki kapasitas besa, Komputer Server biasanya juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi jaringan komputer yang bertujuan untuk mengontrol segala sumber daya yang dimilikinya.

Client Server

Pengertian Server dan Client
Client Server


Client Server merupakan bentuk interaksi atau arsitektur dari jaringan komputer yang mana didalamnya terdapat Server dan Client.

Client memulai interaksi dengan server dengan meminta layanan, setelah diterima oleh Server maka Client akan menerima layanan dari Server sehingga dapat menjalankan aplikasi atau proses tertentu. Contoh implementasi Client dalam bentuk browser yang menerima layanan dalam bentuk halaman Web, Email dll

Server menerima permintaan layanan kemudian menyediakan berbagai macam layanan kepada komputer Client, Contohnya mengirimkan sebuah halaman Web, mengirim atau meneruskan e-mail.
Berikut adalah contoh gambar interaksi Client Server

Bagaimana menghubungkan Client dan Server ?


Server dan Client dapat terhubung melalui sebuah jaringan komputer, antara lain melalui kabel LAN, sebuah NIC (Network Interfaced Card) hingga secara nirkabel (tanpa kabel) melalui jaringan Wireless yang sudah sangat berkembang saat ini.
Baca Perangkat-perangkat jaringan komputer

0 Response to "Pengertian Server dan Client Pada Jaringan Komputer"

Post a Comment

Recent

Comment