Apa yang Dimaksud Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Pernahkah anda mendengar komunikasi daring atau mungkin anda merasa bingung membedakan komunikasi daring sinkron dan asinkron. Kali ini saya akan coba menjelaskan secara lengkap namun sederhana agar mudah dimengerti mengenai komunikasi daring sinkron dan asinkron ini.

Apa yang dimaksud komunikasi daring ?


Komunikasi daring atau dapat juga disebut dengan komunikasi data merupakan sebuah istilah yang mewakili sebuah komunikasi yang dilakukan dalam jaringan, hal tersebut mengacu pada segala macam proses komunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan/melalui jaringan internet.
Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron
Komunikasi dalam Jaringan


Apa yang dimaksud komunukasi daring sinkron dan asinkron ?


Komunikasi daring sinkron merupakan komunikasi dalam jaringan yang berlangsung secara real time (Sinkron) dengan menggunakan komputer sebagai media. Contoh komunikasi daring sinkron yang sering kita gunakan antara lain: komunukasi menggunakan aplikasi chat seperti BBM, Yahoo messenger, Line, google talk, MIRc dsb. Komunikasi dengan video chat seperti Skype, Line, Google Hangout dsb.

Sedangkan komunikasi daring asinkron atau komunikasi saring tak serempak merupakan komunikasi dalam jaringan internet yang dilakukan secara tunda atau tidak langsung. Contoh komunikasi daring asinkron yang sering digunakan yaitu Email dan Website forum, simulasi visual serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web (WWW).
Baca juga Cara memperkuat sinyal wifi di laptop

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron


Komunikasi Daring Sinkron

  • Kelebihan : Kecepatan transmisi yang lebih cepat karena pada sinkron tidak menggunakan bit tambahan setiap mengirimkan paket data.
  • Kekurangan : Memiliki kemungkinan terjadi error atau masalah yang lebih tinggi karena kerjanya yang membutuhkan signal clock yang cepat untuk menerima paket data secara serempak.

Komunikasi Daring Asinkron

  • Kelebihan : Perbedaan signal clock pengirim dan penerima tidak berpengaruh karena sinkronisasi dilakukan tiap pengiriman sehingga kemungkinan terjadi masalah lebih kecil
  • Kekurangan : Kecepatan transmisi rendah, dan memerlukan sinkronisasi mulai awal dan akhir karaker data yang akan dikirim atau diterima.


0 Response to "Apa yang Dimaksud Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron"

Post a Comment

Recent

Comment