Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Yang Mudah

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Yang Mudah - Ragam Kerajinan Tangan. Fungsi dari gantungan kunci tidak bisa di anggap remeh loh...bukanya hanya sebagai hiasan kunci saja, Bagaimana tidak, walaupun ukurannya relatif kecil, benda yang satu ini miliki manfaat yang penting, yaitu melindungi agar kunci-kunci yang sering kita gunakan tidak gampang tercecer atau malah hilang. Coba bayangkan bila kunci milik kamu ga di kasih gantungan tiba-tiba terselip yang entah dimana kamu bakalan susah banget nyarinya kan. 



Selain berfungsi sebagai penanda agar kunci-kunci kamu gampang diketemukan, gantungan kunci juga bisa menambah penampilan kamu jadi makin keren. Walau bukan termasuk aksesori utama, benda yang satu ini bakal gampang menarik perhatian orang yang melihatnya. Karenanya, jangan heran kalau ada beberapa orang yang cukup memerhatikan tampilan kamu dan kepengen juga memiliki gantungan kuncinya. Tak perlu heran juga bila selanjutnya banyak pengrajin lokal yang bikin gantungan kunci kece dari beragam jenis bahan, dari mulai kulit asli, kulit sintetis, sampai kain flanel. 

Bila kamu belum menemukan jenis gantungan kunci yang pas, kamu bisa juga loh membuatnya sendiri. Yang paling gampang, kamu dapat mencari cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Selain karena struktur kainnya yang cukup gampang dibuat, biasanya harga kain flanel juga relatif murah ga perlu merogoh kantong dalam-dalam. Nah, di bawah ini adalah tips untuk kamu membuat gantungan kunci dari kain flanel. Yuk, dicoba! 

Jangan bermimpi kamu bisa bikin gantungan kunci yang lucu bila kamu belum miliki alat dan bahan yang dibutuhkan. Nah, di bawah ini beberapa alat dan bahan yang di butuhkan untuk membuat gantungan kunci dari kain flanel. 


  1. Kain flanel 
  2. Dacron 
  3. Manik-manik (bila perlu) 
  4. Kain perca (bila perlu) 
  5. Rantai kecil atau gantungan kunci polos 
  6. Pensil 
  7. Gunting atau cutter 
  8. Lem kuat atau lem tembak 


Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Yang Mudah

Proses dan Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel Bentuk Love

Sesudah alat dan bahan yang kamu perlukan terkumpul, waktunya kamu mulai berkreasi untuk menciptakan gantungan kunci flanel handmade buatanmu sendiri. Di bawah ini adalah sebagian langkah untuk bikin gantungan kunci dari kain flanel yang cukup mudah. 

1. Buat Sketsa Bentuk Gantungan yang Kamu Inginkan 

Dengan bantuan pensil, gambarlah sketsa yang kamu inginkan diatas kain flanel yang sudah ada. Ingat, gambar dengan tipis saja dan berilah jarak bayangan sketsa selebar 1-2 cm sebagai tempat menjahit nanti. Sesudah sketsanya jadi, gunting kain flanel itu. Lalu buat sketsa dengan bentuk desain yang sama ke sisi kain flanel yang lain. Saat ini kamu akan miliki dua bentuk flanel yang sesuai dengan sketsa awalmu tadi. 



2. Gabungkan Dua Lembar Flanel Hasil Sketsamu dan Jahit

Saat ini kamu sudah memiliki dua lembar flanel yang sesuai dengan sketsa idamanmu. Gabungkan keduanya dan mulailah menjahit beberapa sisinya. Kamu dapat menjahitnya di sisi bawah dan samping. Disamping itu, sisi atasnya biarkan dalam keadaan terbuka. Jangan takut duluan membayangkan sulitnya dalam menjahit kain flanel. Anda hanya memerlukan tehnik menjahit jelujur yang super simpel dan begitu gampang dicoba! 

3. Isi dengan Dacron

Agar gantungan kuncimu nanti tampak berisi dan rapi, isilah lembaran flanel yang sudah terbentuk dengan dacron yang sudah kamu siapkan. Inilah alasan langkah di atas kamu membiarkan sisi kain flanelmu terbuka. Pastikan kamu mengisi flanel dengan dracon dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu penuh, namun tidak juga terlalu kosong. 

4. Jahit Segi yang Tersisa

Sesudah kamu pastikan paduan flanel itu telah terisi sesuai bentuknya, saat ini saatnya kamu memulai menjahit lagi. Sudah pasti kamu harus menjahit sisi yang masih terbuka agar dacron yang ada di dalamnya tak keluar dan supaya bentuk flanelmu mirip bantal dengan ukuran mini. 



5. Berikan Pernak-pernik Lucu

Kamu juga bisa membrikan pernak pernik lucu setelah proses mengisi kain flanel dengan darcon selesai. Anda bahkan juga dapat memakai kain perca sebagai penambahan untuk menciptakan aksesori diatas kain flanel. Ide dan kreativitas kamu bisa di tuangkan di sini saat menghias dengan pernak pernik.

6. Jangan Lupa Pasangi Rantai atau Gantungan

Ini dia sisi penting dari proses membuat gantungan kunci dari kain flanel. Sesudah memperoleh bentuk yang sesuai dan di berikan hiasan yang cocok, pastinya kamu ga boleh lupa kalau nantinya benda ini akan di jadikan sebagai gantungan kunci. Karenanya, langkah terakhir yang harus di kerjakan adalah memasang bantal kecil dari flanel itu dengan rantai atau gantungan yang telah disediakan. Tempatkan rantai dan gantungan tersebut di sisi atas bantalan flanel. Anda dapat merekatkannya dengan lem kuat bahkan juga lem tembak supaya tampak lebih rapi. Dan jadi deh gantungan kunci dari kain flanel yang lucu buatan kamu sendiri.



Gimana gampangkan bikinya...yang penting ada kemauan untuk mencoba gagal ga apa apa namanya juga belajar. Di bawah ini ada beberapa contoh lagi gantungan kunci yang di buat dari kain flanel

Gantungan Kunci Kain Flanel Bentuk Kue

Gantungan Kunci Kain Flanel bentuk Hellow Kitty

Gantungan Kunci Kain Flanel Bentuk Huruf


Baca juga artikel lainya tentang :

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Bentuk Hello Kitty
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Bentuk Kue
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Bentuk Love
Cara Membuat Gantungan Kunci Huruf Dari Kain Flanel

0 Response to "Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Yang Mudah"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu