Contoh Latar Belakang Proposal Proyek Sistem Informasi Perhotelan

Latar belakang merupakan salah satu komponen dalam sebuah proposal yang sangat penting. Pada proposal proyek pengembangan sistem informasi, latar belakang menjadi hal pertama yang akan dipertimbangkan dan menjadi penilaian dari proposal penawaran tersebut.

Berikut adalah contoh latar belakang dalam proposal proyek pengembangan sistem informasi reservasi perhotelan

A. Latar Belakang
Perubahan dalam bidang teknologi sangat bepengaruh besar dalam segala bidang kehidupan, terutama pada penyampaian informasi yang lebih sistematis dan informatif. Demikian juga pada bidang bisnis yang memerlukan sebuah sistem yang tepat untuk menunjang kemudahan operasional dan keperluan informasinya. Selain menjawab kebutuhan bisnis, teknologi juga menjadi alat untuk bersaing yang memberikan banyak keuntungan dalam bisnis.
Salah satu sarana di bidang teknologi informasi (TI) yang dapat digunakan untuk menjawab kebutuhan kegiatan operasional sebuah organisasi adalah aplikasi berbasis desktop, yaitu teknologi yang memberikan berbagai macam kemudahan karena dapat diakses dengan mudah dengan keamanan serta pengolahan data dan informasi yang lebih baik. Kehadiran sistem informasi aplikasi berbasis dekstop telah banyak merubah proses operasional organisasi serta menjadi katalisator dalam meningkatkan pertumbuhan dan memberikan nilai tambah, sehingga melahirkan suatu ide strategis demi mewujudkan visi dan misi organisasi.
Hotel adalah suatu organisasi atau badan usaha yang bergerak dalam menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum. Hotel yang belum menerapkan dan memanfaatkan keberadaan teknologi informasi informasi terintegrasi guna mendukung aktifitas bisnis sehari-hari, sehingga sebagian besar aktifitas operasional pelayanan masih dilakukan secara manual, baik aktifitas pelayanan kepada pelanggan hingga manajemen hotel.
Seiring dengan kegiatan operasional hotel, dijumpai banyak sekali kendala yang menimbulkan permasalahan yang menganggu aktifitas bisnis sehari-hari. Karena aktifitas yang masih dilakukan secara manual, otomatis mempersulit dan memperlambat pelayanan terhadap pelanggan yang ingin melakukan reservasi atau menginap di hotel. Selain itu, hotel juga kesulitan dalam mengatur dan mengetahui laporan kegiatan bisnisnya. 
Oleh karena itu diperlukan sebuah Sistem Informasi Perhotelan berbasis desktop. Sistem ini dikembangkan dengan harapan dapat membantu dan menyelesaikan permasalahan pada proses administrasi dalam hotel yang berkaitan. 
Berikut contoh gambar latar belakang:


Demikian Contoh Latar Belakang Proposal Proyek Sistem Informasi Perhotelan, semoga bermanfaat untuk dijadikan referensi pembuatan latar belakang proposal proyek sistem informasi anda.

0 Response to "Contoh Latar Belakang Proposal Proyek Sistem Informasi Perhotelan"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu