Begini Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara | Komputer tidak hanya digunakan untuk mengetik laporan saja namun juga sekaligus dapat digunakan sebagai media hiburan, seperti mendengarkan musik, menonton film hingga bermain game. Segala bentuk media hiburan tersebut pastilah membutuhkan sektor audio yang berkualitas sehingga anda yang menggunakan komputer sebagai media hibura akan merasa puas baik secara visual maupun audionya.

Namun, apa yang terjadi bila tiba-tiba komputer anda tidak mengeluarkan suara? Apa yang menyebabkan hal mengesalkan itu dapat terjadi padahal anda sudah memastikan bahwa kabel speaker telah terpasang sempurna ? Dan bagaimana cara memperbaikinya? Nah, untuk menjawab segala pertanyaan itu, maka berikut ini ada ulasan mengenai penyebab komputer tidak mengeluarkan suara lengkap dengan cara mengatasi komputer tidak ada suara.

Penyebab komputer mendadak tidak ada suaranya biasanya disebabkan oleh 2 faktor, hardware dan software. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda perlu memeriksa satu persatu kemungkinan ada bagian audio komputer yang rusak, agar anda dapat menemukan penyebab utamanya. Lihat juga Cara mencegah komputer bluescreen

Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara
Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Bila anda sudah memastikan bahwa kabel speaker dan komputer sudah terpasang dengan baik sekaligus volume speaker tidak dalam keadaan mute, maka anda perlu memeriksa kondisi driver audionya. Bagaimana cara mengetahui kondisi driver audio tersebut? Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan :

• Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke Device Manager dengan cara
Klik kanan pada My Computer kemudian pilih Properties > Hardware > Device Manager

• Check bagian sound/audio. Bila pada bagian tersebut ada tanda seru (!) berwarna kuning, itu artinya Driver Sound Audio pada komputer anda memang belum terinstall
Baca juga Cara mengatasi laptop lemot

• Untuk mengatasinya, klik kanan dan pilih update driver software kemudian pilih install driver melalui internet

• Setelah driver terinstall maka selanjutnya anda perlu memperhatikan settingan pada software driver, contohnya bila anda menggunakan software realtek audio manager, maka pada saat anda memasang kabel speaker atau headphone ke komputer, akan muncul notifikasi yang memberitahu agar anda menentukan jenis perangkat apa yang baru saja anda hubungkan ke komputer tersebut, bila anda menggunakan speaker maka pilih speaker, atau bila anda menggunakan perangkat headphone, maka pilih headphone.

• Selain itu, anda juga dapat menggunakan Troubleshooter yang memang disediakan Windows Tool. Troubleshooter tersebut fungsinya untuk membantu anda dalam menemukan masalah apa yang sebenarnya terjadi pada komputer anda, jadi anda dapat dengan lebih cepat mengatasi masalah tersebut. Untuk menggunakan tool tersebut, maka anda dapat membukanya di link berikut ini : http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596 
Setelah link tersebut anda buka, selanjutnya pilih “Open with Diagnostics Troubleshooting Wizard” lalu klik OK.

Namun, bila cara seperti itu masih belum dapat membuat komputer mengeluarka suara, maka kemungkinan memang speaker eksternal anda yang bermasalah, untuk mengatasinya pastikan anda mengganti speaker eksternal komputer anda dengan speaker yang kondisinya tidak rusak/bermasalah.
Itulah cara mengatasi komputer tidak ada suara. Cara mengatasi masalah tersebut memang bisa dibilang cukup rumit, namun tak ada salahnya bila anda berusaha untuk memperbaikinya sendiri.

Tetapi, bila anda sudah memeriksa semua bagian baik hardware atau software pada komputer anda, namun komputer tersebut tetap tidak bisa mengeluarkan suara, maka sebaiknya anda perlu berkonsultasi dengan teknisi komputer yang lebih ahli, agar masalah sebenarnya dapat ditemukan dan diatasi dengan cara yang lebih tepat.


0 Response to "Begini Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara"

Post a Comment

Recent

Comment