Cara Mudah Merawat Touchpad Laptop Agar Lebih Awet

Cara Mudah Merawat Touchpad Laptop | Bagi anda pengguna laptop, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bagian laptop yang tergolong sangat sensitif dan dikenal dengan nama touchpad ini. Ya, bagian laptop berupa kotak kecil di bawah keyboard ini bisa dibilang fungsinya seperti layar sentuh (touchscreen) pada smartphone.

Pada dasarnya, touchpad berfungsi sebagai pointer yang dapat mengarahkan kursor, dan bisa dikatakan bahwa touchpad ini adalah versi praktis dari mouse. Dengan touchpad, bila bepergian dengan membawa laptop, maka anda tak perlu lagi membawa mouse, sebab anda sudah dapat mengoerasikan laptop tanpa bantuan mouse.

Pada sebuah touchpad, dilengkapi dengan elemen sensitive yang fungsinya dapat mendeteksi gelombang magnet yang ada di tangan kita. Bila touchpad tidak berfungsi dengan normal atau yang terparah bila touchpad rusak, maka untuk menggantinya anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam hingga ratusan ribu Rupiah, sebab seperti yang sudah disinggung sebelumnya, elemen untuk membuat touchpad ini tergolong cukup canggih.


Cara Mudah Merawat Touchpad Laptop

Cara Merawat Touchpad Laptop
Touchpad Laptop

Daripada anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mengganti touchpad yang rusak, alangkah lebih baik sebelum touchpad rusak anda merawat touchpad laptop dengan sebaik-baiknya agar lebih awet.
Artikel terkait Cara merawat layar laptop yang benar

Untuk merawat touchpad laptop sebenarnya caranya juga tidak terlalu rumit dan juga anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, sebab yang anda perlukan adalah ketelitian dan sikap yang hati-hati. Lalu, bagaimana sesungguhnya cara mudah untuk merawat touchpad laptop agar lebih awet? Berikut ini ulasan singkat yang dapat anda terapkan :

• Non-aktifkan touchpad dan gunakan mouse

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Bila tidak terlalu diperlukan, sebaiknya ketika menggunakan laptop, anda lebih sering menggunakan mouse daripada touchpad. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak terlalu bergantung pada touchpad. Sebaiknya, anda menggunakan touchpad ketika anda memang sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk menggunakan mouse. Bila anda melakukan cara ini, maka umur touchpad pun akan lebih panjang.

• Bersihkan touchpad secara rutin

Agar touchpad tetap responsif, maka sebaiknya anda perlu rajin menjaga kebersihan touchpad. Untuk membersihkannya, gunakan tisu kering atau kain kanebo dan gunakan pula cairan pembersih ponsel yang dapat anda beli dengan mudah di agen penjualan ponsel.

• Pastikan tangan anda bersih ketika akan menggunakan touchpad

Ketika ingin menggunakan laptop, khususnya bila anda akan mengoperasikan laptop dengan bantuan touchpad, maka pastikan tangan anda dalam keadaan yang benar-benar bersih. Hal tersebut bertujuan agar touchpad anda lebih awet dan dapat digunakan lebih lama, sebab biasanya, touchpad yang cepat rusak adalah touchpad yang sering disentuh oleh tangan yang kotor dan berminyak.
Baca juga Cara mengatasi keyboard laptop yang sering bermasalah

Seperti yang kita tahu, jangankan kotoran dan minyak, bahkan debu pun dapat membuat sifat sensitif touchpad menjadi berkurang. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum menggunakan laptop, cuci dan keringkan tangan anda terlebih dahulu.

• Tambahkan lapisan pelindung pada touchpad

Hampir sama seperti touchscreen smartphone, maka sebaiknya bagian touchpad laptop juga diberi lapisan pelindung, agar terhindar dari debu, minyak dan kotoran lainnya. Cara ini dapat dibilang sebagai cara yang paling efektif agar touchpad laptop tidak mudah kotor. Untuk melapisi touchpad laptop, anda dapat menggunakan screen guard yang biasanya digunakan untuk melindungi layar smartphone.

Itulah beberapa cara mudah untuk merawat touchpad laptop agar lebih awet. Cara-cara tersebut tidak hanya mudah, namun juga relatif ekonomis sehingga tidak terlalu menguras kantong. Seperti yang kita tahu, keawetan sebuah barang khususnya barang elektronik ditentukan dari usaha pemiliknya untuk merawat barang yang dimilikinya.

0 Response to "Cara Mudah Merawat Touchpad Laptop Agar Lebih Awet"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu