Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error | Selain touchpad atau mouse yang berfungsi sebagai pointer penggerak kursor, keyboard juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya pada sebuah laptop, sebab tanpa keyboard maka anda tak akan dapat mengetik satu huruf pun di layar laptop.

Sayangnya, terkadang keyboard juga dapat error, mulai dari mendadak macet, tombol keyboard yang tertukar huruf hingga keyboard yang sama sekali tidak dapat berfungsi. Selain itu ada juga keyboard yang error dengan gejala, selalu menimbulkan bunyi ‘beep beep’ ketika tombol keyboard ditekan.
Baca juga Cara mencegah bluescreen pada laptop


Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error


Nah, untuk membantu anda dalam mengatasi berbagai masalah tersebut, maka berikut ini ada beberapa cara mengatasi keyboard laptop atau netbook yang error :

• Mengatasi beberapa tombol keyboard laptop yang macet/bunyi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error
Membuka Tuts Keyboard Laptop
Bila ada beberapa tombol yang macet atau ketika menekan sebuah tombol huruf, tombol tersebut tidak dapat berhenti maka begini cara memperbaikinya :
  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah lepas charger dan baterai yang ada pada laptop, sebab bila sambungan listrik tersebut tidak dilepas maka akan dapat merusak komponen laptop yang lainnya
  2. Setelah itu lepas semua tombol keyboard dengan hati-hati, jangan sampai ada kaki-kakinya hilang atau lupa
  3. Kemudian, semprot tombol keyboard yang telah dilepas tersebut dengan menggunakan hairdryer secara merata, khususnya pada tombol keyboard yang error beri semprotan hairdryer yang lebih lama
  4. Setelah itu, pasang kembali keyboard yang anda lepas tadi
  5. Bila setelah dipasang, masih ada beberapa tombol keyboard yang error, maka sebaiknya anda membersihkan debu/kotoran yang ada pada keyboard dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan alkohol, dan tunggu hingga kering. 

• Mengatasi tombol keyboard yang tertukar huruf

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Biasanya hal seperti ini akan terjadi setelah kita menggunakan keyboard eksternal, seringkali, ketika keyboard eksternal dicabut kemudian menggunakan kembali keyboard bawaan laptop  maka akan ada yang berubah, contohnya ketika kita menekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul malah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah, hal yang menyebabkan kondisi ini biasanya karena terjadi pertukaran tombol fungsi Fn. Untuk mengatasi masalah yang seperti ini, berikut ini yang harus anda lakukan :

  1. Tekan tombol Fn tahan jangan dilepas, kemudian tekan tombol fungsi numeric. Tombol ini kalau di laptop berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, yang ada tulisan Insert dan NumLK.
  2. Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut.  
  3. Selanjutnya, coba tekan tombol  u, bila yang muncul masih belum berupa huruf ‘u’ namun melainkan masih berupa angka ‘4’ itu artinya belum berhasil, oleh sebab itu coba ulangi sekali lagi.

Pada dasarnya fungsi tombol ini serupa dengan tombol caps lock, bila ditekan sekali maka akan berubah menjadi huruf capital sedangkan bila ditekan lagi, maka huruf akan berubah kembali ke huruf kecil.
Artikel terkait: Tips mengatasi laptop lemot | Tips aman belanja online

• Mengatasi keyboard yang semua tombolnya tidak berfungsi

Bila hal seperti ini yang terjadi, maka anda perlu melakukan cara yang serupa dengan cara yang pertama (mengatasi beberapa tombol keyboard yang macet/bunyi) setelah itu bersihkan keyboard dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan air atau alkohol, kemudian tunggu hingga benar-benar kering, sebelum dipasang kembali. Selain itu, anda perlu memperhatikan tombol USB keyboard, sebab terkadang tombol USB keyboard tidak berfungsi dengan normal. Setelah semua sudah dilakukan, ada baiknya anda melakukan restart terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang error. Meskipun terlihat cukup rumit, namun cara-cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

0 Response to "Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu