Perbedaan Pengertian Laptop, Notebook dan Netbook (Cirinya)

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook - Laptop, notebook dan netbook merupakan kata yang sangat sering kita dengar, kata ini merujuk ke sebuah perangkat elektronik yang sering digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Selama ini mungkin masih banyak dari kita yang sebenarnya belum terlalu mengerti pengertian dan perbedaan dari laptop, notebook dan netbook tersebut.

Pada dasarnya ketiga kata tersebut merujuk ke perangkat yang sama dalam hal fungsi atau kegunaannya, akan tetapi tetap ada beberapa karakteristik yang berbeda yang harus kita ketahui agar tidak salah menggolongkan perangkat tersebut.

Seringkali kita salah membedakan antara kata notebook dan netbook karena kedua kata tersebut terasa sangat identik, padahal kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan dalam hal fisiknya. Untuk memperjelas perbedaan tersebut mari kita lihat ciri dan spesifikasi perangkat tersebut
Lihat juga Aplikasi edit foto terbaik

Perbedaan Laptop dan Netbook

Perbedaan Pengertian Laptop, Notebook dan Netbook
Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Laptop atau Notebook

Laptop dan notebook, dua kata yang berbeda yang sebenarnya merujuk ke satu perangkat yang sama, dengan kata lain laptop dan notebook hanya berbeda dalam hal penyebutannya saja. Oleh karena itu kedua kata ini memiliki karakteristik yang sama dalam hal spesifikasi perangkatnya pula. Berikut beberapa ciri dan spesifikasi dari laptop/ notebook:

- Dapat dibawa atau dijinjing
- Sumber daya berasal dari baterai atau adaptor A/C
- Monitor atau layar berukuran sekitar 10 sampai 17 inch
- Memiliki CD/ DVD driver
- Berat perangkat berkisar 3 hingga 5 kg
- Harga baru untuk spesifikasi standar 3-5 juta

Netbook

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Netbook merupakan perangkat yang menyerupai laptop/notebook akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa oleh penggunanya. Selain dari segi penampilan, dalam hal kegunaan dan tujuan pemakaian netbook pun sama persis dengan sebuah laptop.
Lihat juga Cara menghindari dan mengatasi virus

Akan tetapi biasanya spesifikasi netbook biasanya dibuat lebih kecil dari sebuah laptop karena sesuai dengan kegunaannya yang praktis sebagai pengganti sebuah laptop atau komputer yang dapat dibawa kemana – mana. Berikut adalah beberapa ciri atau spesifikasi dari netbook:

- Sangat mudah dibawa atau dijinjing
- Sumber daya juga berasal dari baterai atau adaptor A/C
- Monitor atau layar berukuran kurang dari 12 inch
- Tidak dilengkapi dengan CD/ DVD driver
- Berat hanya sekitar 1 kg
- Harga baru untuk spesifikasi standa berkisar 2-3 juta

Setelah melihat beberapa spesifikasi atau ciri dari laptop/notebook dengan netbook, sekarang pastinya kita dapat membedakan kedua perangkat tersebut. Selain itu dari perbedaan yang telah dibahas diatas kita juga mengetahui bahwa pada dasarnya laptop dan netbook memliki spesifikasi dan kegunaan yang hampir sama akan tetapi perbedaannya lebih kepada bentuk fisiknya saja.

Demikian artikel mengenai Perbedaan Pengertian Laptop, Notebook dan Netbook (Cirinya), semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Pengertian Laptop, Notebook dan Netbook (Cirinya)"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu