Solusi Laptop Mati Total yang Perlu Anda Ketahui

Laptop yang mendadak mati total tentu saja akan membuat panik, apalagi bila data-data yang ada di dalam laptop tersebut sama sekali tidak ada backupnya, tentu saja siapapun khususnya orang yang pekerjaannya hanya dapat dilakukan dengan laptop tersebut pasti akan pusing tujuh keliling.

Berikut ini ada beberapa solusi laptop mati total yang perlu anda ketahui, namun bukan berarti solusi-solusi yang ada di bawah ini nantinya dapat seratus persen membuat laptop anda hidup kembali, sebab kerusakan yang terjadi tidak selalu sama.

Sehingga bila dengan beberapa cara berikut ini, nantinya laptop anda dapat menyala kembali, berarti masalah yang terjadi pada laptop tersebut sejenis dengan masalah yang dapat diatasi oleh solusi yang akan dijelaskan secara mendetail berikut ini :

Solusi Laptop Mati Total yang Perlu Anda Ketahui


Sebelum mengikuti beberapa solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah laptop mati total dibawah ini, anda perlu memiliki keberanian untuk membongkar laptop dan sebaiknya memiliki keahlian, setidaknya dalam hal menyolder, sebab ada beberapa solusi yang memang membutuhkan keahlian tersebut.
Solusi Laptop Mati Total
Laptop Mati Total

Solusi bila ada masalah pada prosesor laptop

Jika prosesor laptop yang bermasalah maka anda perlu melepas prosesor lalu bersihkan dengan kain lembut. Selain itu, anda juga perlu untuk membersihkan bagian kipas laptop dan setelah itu tambahkan pasta pendingin ke prosesor laptop tersebut.

Sebelum prosesor lama dimasukkan kembali ke laptop, sebaiknya uji terlebih dahulu dengan prosesor yang lain, bila laptop kembali menyala dengan normal menggunakan prosesor tersebut maka bila prosesor lama dimasukkan maka laptop tersebut juga akan kembali normal.
Baca juga Cara mengatasi laptop lemot

Solusi bila AC Power (IC) rusak

Bila laptop tidak bisa dinyalakan (mati total) karena adanya komponen AC Power (IC) yang rusak, maka anda perlu mengganti IC Power tersebut dengan yang baru. IC Power dapat anda beli di toko resmi laptop tersebut.

Perlu anda ketahui, fungsi AC Power (IC) adalah untuk menerima respons hidup dari tombol “ON” ketika ditekan, jadi bila komponen tersebut bermasalah tentu saja laptop tidak akan merespon meskipun anda sudah berkali-kali menekan tombol “ON”.

Solusi bila laptop mati total karena suhu di dalam laptop yang terlalu panas

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Suhu dalam laptop yang terlalu panas dapat menyebabkan rumah listrik dari charger (DC) laptop putus. Untuk mengatasi masalah ini, anda tidak boleh terburu-buru, sebab caranya terbilang rumit. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa semua komponen laptop, mulai dari charger, RAM, Harddisk hingga rumah charger.

Selanjutnya, buka laptop (hati-hati ketika membukanya untuk mencegah casing laptop patah) ketika membuka laptop, pastikan anda melepas bagian keyboard terlebih dahulu baru kemudian lepas semua baut yang ada di bawah keyboard.

Setelah itu, lepas casing laptop dan mulai perbaiki komponen rumah charger yang putus karena suhu di dalam laptop yang terlalu panas. Rumah charger yang putus biasanya ditandai dengan retakan di bagian timah. Untuk memperbaikinya, maka anda perlu menyolder kedua kaki charger, setelah itu pasang kembali komponen laptop anda dan coba untuk nyalakan.

Solusi bila Mainboard rusak

Biasanya bagian mainboard yang rusak adalah pada bagian tabung elconya, bila bagian tersebut yang bermasalah, maka tentu saja anda perlu menggantinya dengan yang baru.
Lihat juga Cara mengatasi bluescreen pada laptop


Itulah beberapa solusi laptop mati total yang perlu anda ketahui, namun sekali lagi saya ingatkan bahwa solusi-solusi tersebut bukan berarti seratus persen dapat mengembalikan laptop anda dalam keadaan normal kembali, sebab belum tentu masalah yang terjadi pada laptop anda yang mati total itu sama dengan masalah yang dapat diselesaikan oleh solusi tersebut.

0 Response to "Solusi Laptop Mati Total yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu