Cara Mengatasi Blue Screen Komputer Berdasarkan Penyebabnya

Jika beberapa saat lalu saya telah memberikan tips untuk mencegah bluescreen, kali ini giliran cara mengatasinya pada komputer atau laptop windows kita. Mencegah merupakan hal yang lebih baik daripada mengatasi tetapi pencegahan hanya dapat dilakukan saat masalah tersebut belum terjadi.

Jadi bagaimana jika telah terjadi?, perangkat kita telah mengalami masalah blue screen. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi dan memperbaiki layar bluescreen baik pada laptop maupun komputer anda berdasarkan penyebabnya.

Beberapa Penyebab terjadinya Blue Screen dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi blue screen
Cara mengatasi blue screen

Berikut adalah 5 penyebab terjadinya blue screen yang sering terjadi dan cara mengatasinya:

1. PEN_LIST_CORRUPT

Jika pesan yang muncul saat terjadi blue screen adalah seperti diatas, maka penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada RAM laptop anda. Untuk mengatasinya anda dapat memperbaikinya atau membeli RAM yang baru.

2. DATA_BUS_ERROR

Untuk pesan error yang satu ini saat terjadi blue screen, memiliki makna bahwa telah terjadi kerusakan pada harddisk anda. Solusinya yaitu dengan membeli harddisk/motherboard baru.

3. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Untuk pesan error yang satu ini biasanya bukan diakibatkan oleh kerusakan yang terjadi pada hardware, melainkan akibat tidak melakukan tips mencegah blue screen, tepatnya yaitu kesalahan dalam menginstall driver yang tidak sesuai dengan laptop/ sistem operasi anda. Solusinya dengan menggunakan driver yang sesuai dan merupakan driver resmi yang dapat anda dapatkan pada situs resminya.

4. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Blue screen dengan pesan error seperti diatas disebabkan karena terjadi kerusakan serius pada bagian processor anda, biasanya hal ini disebabkan oleh overclock/ overheat (kepanasan). Solusinya yaitu dengan mengganti hardware yang mengalami kerusakan atau untuk percobaan coba diamkan laptop beberapa hari dahulu.

5. INNACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error yang satu ini juga sering terjadi saat komputer/ laptop mengalami blue screen, hal ini disebabkan oleh kesalahan konfigurasu jumper harddisk, selain itu juga disebabkan oleh virus boot. Cara mengatasinya dengan mengganti hardware yang rusak atau melakukan install ulang.
Lihat juga Cara mencegah dan mengatasi virus

Cara Ampuh dan Praktis Mengatasi Blue Screen


Sebenarnya ada satu cara paling mudah yang banyak dilakukan orang saat terkena blue screen yaitu dengan melakukan restore atau recovery system pada laptop anda.  Dengan cara ini anda akan mengembalikan windows anda ke keadaan sebelum terkena blue screen. Untuk cara lengkapnya silahkan cari Cara Backup/ Restore Sistem Windows dalam keadaan booting.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Blue Screen Komputer Berdasarkan Penyebabnya, mohon maaf atas kekurangannya.

0 Response to "Cara Mengatasi Blue Screen Komputer Berdasarkan Penyebabnya"

Post a Comment

Recent

Comment