Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek ke Jaringan LAN

Jaringan LAN sebenarnya bukan sesuatu yang asing lagi bagi anda yang sudah biasa masuk ke ruangan atau lab komputer saat sekolah maupun kuliah. Selain terdapat banyak komputer, hal yang menarik perhatian yaitu terdapat banyak kabel LAN yang saling menghubungkan tiap komputer yang ada.

Salah satu hal mengesalkan yang sering terjadi saat menggunakan komputer tersebut yaitu komputer tidak dapat terhubung ke jaringan yang ada sehingga tidak dapat bertukar data. Hal tersebut dapat disebabkan banyak hal seperti kabel LAN yang lepas, pengaturan LAN yang mati hingga perangkat router yang tidak bekerja.

Saat komputer tidak terkonek dengan jaringan LAN yang menyebabkan tidak terhubung ke jaringan umumnya juga dapat dilihat dari tidak adanya IP Address pada komputer tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi atau memperbaiki komputer yang tidak dapat terhubung ke jaringan LAN yang ada.


Cara Mengatasi Komputer Tidak bisa Konek ke Jaringan LAN


1. Hal pertama yang menyebabkan komputer tidak dapat konek ke jaringan LAN yaitu network adapter LAN yang disable. Untuk memeriksanya buka Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Center dan pilih Change adapter settings kemudian klik kanan dan pilih “Enable” pada jaringan LAN anda jika masih disabled.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek ke Jaringan LAN
LAN Settings

2. Pastikan kabel plug terhubung dengan baik dengan port RJ45, anda dapat melihat lampu indikator yang ada, jika berwarna hijau dan berkedip maka tidak ada masalah. Jika lampu indikator tidak menyala anda dapat mencoba melepas dan memasukan plugnya kembali.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek ke LAN
RJ45

3. Periksa prangkat Hub anda apakah bekerja dalam keadaan baik. Periksa lampu indikator yang ada, apakah lampu indikator hijau hidup dan berkedip. Periksa pula apakah kabel UTP tehubung dengan benar. Jika anda telah memastikan Hub hidup dan kabel UTP telah terpasang dengan baik namun lampu indikator tidak menyala maka ada kemungkinan kabel anda rusak.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Terhubung ke LAN
HUB

4. Periksa setiap sambungan dari komputer atau hub ke perangkat switch anda, sama halnya dengan no 3 anda dapat melihat lampu indikator pada hub anda. Jika merasa kabel terhubung dengan baik di hub anda dapat memindahkan kabel di switch ke port yang lain hingga lampu indikator menyala.

Cara Mengatasi Komputer Tidak bisa Konek ke Jaringan LAN
HUB to Switch
5. Jika setelah melakukan 4 hal diatas namun komputer anda masih tidak dapat terhubung dengan LAN, makan anda perlu mencurigai perangkat Router anda mungkin bermasalah, karena Router lah yang bertugas mendistribusikan ip ke seluruh perangkat komputer sehingga dapat saling terhubung pada jaringan LAN.
Cara Mengatasi Komputer Tidak bisa Konek ke Jaringan LAN
Router

Jika anda merasa Router telah menyala dengan baik, anda dapat mencoba melihat pengaturan pembagian IP Address atau dapat juga mencoba Reset Router anda dan melakukan pengaturan ulang seperti saat pertama kali beli.
Baca Cara melihat IP Address sebuah perangkat

Demikian beberapa Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek ke Jaringan LAN, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek ke Jaringan LAN"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu