Cara Menghubungkan Komputer ke Internet Melalui Berbagai Cara

Cara Menghubungkan Komputer ke Internet | Saat ini komputer tanpa internet diibaratkan sayur tanpa gara. Ya, hal tersebut saya rasa sangat pas untuk menggambarkan era penggunakan teknologi informasi saat ini terutama komputer.

Penggunaan komputer yang dahulunya masih banyak digunakan untuk keperluan perkantoran atau untuk mengerjakan tugas tertentu saja (misalkan menggunakan Microsoft Office) saat ini sudah berkembang sangat luas. Komputer banyak digunakan untuk mencari informasi yang terdapat di jaringan internet atau sekedar sebagai alat bertukar data atau informasi jarak jauh.

Untuk dapat melakukan hal tersebut hal wajib yang harus dipenuhi tentunya komputer harus terhubung ke internet baik menggunakan media transmisi kabel ataupun nirkabel. Umumnya ada beberapa cara umum yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet.


Menghubungkan komputer ke internet melalui jaringan operator seluler


Cara ini merupakan cara yang umum dan sudah sejak lama banyak digunakan untuk dapat terhubung ke internet. Anda hanya perlu menggunakan salah satu dari operator seluler yang menyediakan layanan telekomunikasi untuk ponsel.
Cara Menghubungkan Komputer ke Internet
Modem

Cara mengkoneksikannya ke internet anda hanya harus memiliki modem atau bisa juga menggunakan Android dengan menggunakan fitur penambatan USB yang ada. Cara menggunakannya sangat mudah akan tetapi konektivitasnya sangat tergantung pada paket data, konektivitas yang disediakan provider dan perangkat serta kekutan sinyal pada daerah penggunaan.

Menghubungkan komputer ke internet melalui jaringan LAN


Jaringan LAN terkenal sebagai jaringan yang digunakan dalam perkantoran atau instansi lainnya sebagai penghubung antar komputer agar dapat bertukar informasi. Dengan jaringan LAN kita juga bisa menghubungkan komputer kita ke internet melalui router yang terpasang tentunya.

yle="display: inline-block; height: 90px; width: 180px;">
Sebelum dapat terhubung anda harus mengatur IP Address komputer anda terlebih dahulu lihat cara mengubah IP Address untuk mengatur agar koneksi LAN anda dapat berjalan. Anda dapat mengatur IP anda secara otomatis dengan memilih “Obtain an IP address automatically” atau mngatur nilainya secara menual sesuai modem internet yang digunakan.
Baca Cara mengatasi komputer yang tidak terhubung jaringan LAN, jika komputer anda tetap tidak terhubung


Menghubungkan komputer ke internet melalui jaringan WIFI


Menggunakan jaringan WiFi merupakan cara yang paling trend saat ini yang mulai digunakan banyak orang mulai dari rumah pribadi hingga di sekolah dan tempat-tempat nongkrong. Umumnya hampir semua laptop atau komputer saat ini telah mendukung jaringan WiFi sehingga anda tidak perlu takut tidak dapat menikmatinya.

Anda hanya perlu mengklik nama jaringan WiFi yang aktif dan terdeteksi di perangkat anda yang akan tampil pada bagian “Network” dan memasukan password WiFi tersebut maka otomatis komputer anda akan terhubung ke internet. Untuk cara lengkapnya anda dapat membaca Beberapa cara mengaktifkan WIFI

Akan tetapi terkadang terjadi beberapa masalah seperti WiFi limited access atau terdapat tanda seru disinyal WIFI sehingga tidak dapat terhubung diinternet dan memerlukan perlakuan khusus.

0 Response to "Cara Menghubungkan Komputer ke Internet Melalui Berbagai Cara"

Post a Comment

Recent

Comment

Menu